Tahun Baru: 7 Tips Sederhana untuk Memotivasi Diri Setiap Hari

Binti Malu / Pexels.com

Wisataohhwisata.com -   Tahun Baru adalah tentang awal yang baru dan waktu yang tepat untuk menetapkan tujuan produktivitas, kesehatan, dan hubungan . Salah satu masalah yang menghambat produktivitas kita, memengaruhi suasana hati, dan membuat kita tidak puas adalah kurangnya motivasi.

 Perasaan ini dapat membuat Anda stagnan, merampas dorongan Anda untuk mengejar tujuan dan menghambat pertumbuhan pribadi. Untuk memastikan bahwa Anda mencapai potensi Anda setiap hari, seseorang harus menetapkan rutinitas dan ekspektasi sedemikian rupa sehingga tetap termotivasi menjadi kebiasaan. 

Pilih orang-orang yang membuat Anda merasa positif dan buatlah rutinitas yang dapat membantu menyusun hari Anda dan tetap fokus. Penting juga untuk mengingatkan diri sendiri tentang kekuatan Anda setiap hari.

Saat babak baru dalam hidup kita dimulai pada tahun 2024, Dr Jyoti Kapoor, Pendiri-Direktur dan Psikiater Senior, Manasthali, berbagi tips yang dapat membantu tetap termotivasi setiap hari sepanjang tahun.

1. Tetapkan tujuan yang jelas

Salah satu alasan mengapa orang kurang motivasi adalah tidak adanya tujuan dan peran yang jelas. Luangkan waktu untuk menetapkan tujuan yang memberi Anda tujuan dan arah. 

Tentukan tujuan jangka pendek dan jangka panjang Anda, sehingga Anda dapat mencapai kemenangan yang lebih kecil dan berupaya mencapai kemenangan yang lebih besar secara konsisten. Semua kesuksesan kecil dan besar ini akan menyemangati Anda dan membuat Anda merasa termotivasi.

2. Ciptakan rutinitas

Menetapkan rutinitas harian dapat memberikan struktur dan membuat tugas lebih mudah dikelola. Ini juga dapat membantu mengurangi kelelahan pengambilan keputusan, dan menghemat energi Anda. 

Rutinitas juga dapat bermanfaat bagi kesehatan mental Anda karena menumbuhkan rasa stabilitas, yang mengarah pada kesejahteraan secara keseluruhan.

3. Mulailah dengan kemenangan kecil

Merayakan kemenangan kecil dapat meningkatkan kepercayaan diri dan motivasi Anda untuk mengatasi tantangan yang lebih besar. Jangan menunggu kesuksesan besar, tapi rayakan kemenangan kecil dan berikan penghargaan pada diri Anda sendiri karena berhasil.

4. Afirmasi positif

Setiap orang mempunyai sisi positif yang unik dan dari waktu ke waktu, sangat penting bagi Anda untuk memuji diri sendiri. Ingatkan diri Anda tentang kekuatan dan kemampuan Anda. Afirmasi positif dapat membantu menumbuhkan pola pikir yang berfokus pada kesuksesan.

5. Kelilingi diri Anda dengan hal-hal positif

Seseorang tidak bisa menang setiap hari, dan akan ada hari-hari di mana Anda merasa tidak ingin bekerja untuk mencapai tujuan Anda. Pada hari-hari seperti itu, secara sadar carilah hal-hal yang membuat Anda bahagia dan positif. Mengelilingi diri Anda dengan hal-hal positif dapat berdampak besar pada pola pikir Anda.

6. Beristirahatlah dan praktikkan perawatan diri

Pastikan Anda beristirahat dan memprioritaskan perawatan diri. Baik itu jalan-jalan singkat, meditasi, atau hobi yang Anda sukai, aktivitas-aktivitas ini dapat mengisi ulang energi dan motivasi Anda.

7. Visualisasikan kesuksesan

Bayangkan diri Anda dalam mencapai tujuan Anda. Ketika Anda bisa membayangkan pencapaian Anda dan setiap langkah yang Anda ambil untuk mencapainya, itu akan memotivasi Anda untuk berbuat lebih banyak. Visualisasi dapat menjadi motivator yang kuat.

Please Select Embedded Mode To Show The Comment System.*

Lebih baru Lebih lama