Penurunan Tingkat Penghunian Kamar Hotel Berbintang di Gorontalo pada Januari 2024

Wisataohhwisata Badan Pusat Statistik Provinsi Gorontalo mencatat tingkat Penghunian Kamar (TPK) hotel berbintang di Provinsi Gorontalo mengalami penurunan signifikan pada bulan Januari 2024. Data terbaru menunjukkan bahwa TPK mencapai 38,33 persen, mengalami penurunan sebesar 11,00 poin dibandingkan dengan bulan Desember 2023.

Selain itu, rata-rata lama menginap tamu asing dan dalam negeri (domestik) di hotel berbintang Gorontalo selama Januari 2024 juga menunjukkan tren menurun. Angka ini tercatat sebesar 1,33 hari, turun 0,09 poin jika dibandingkan dengan bulan sebelumnya yang mencapai 1,42 hari.

Perbedaan yang mencolok juga terlihat pada hotel non bintang, di mana rata-rata lama menginap tamu pada bulan Januari 2024 mengalami kenaikan menjadi 1,16 hari. Peningkatan sebesar 0,04 poin ini terlihat signifikan jika dibandingkan dengan bulan Desember 2023 yang tercatat 1,12 hari.

Meskipun demikian, pihak industri tetap optimis bahwa dengan adanya perbaikan kondisi global dan upaya pemulihan ekonomi, sektor perhotelan di Gorontalo dapat kembali pulih dan meningkatkan kinerjanya dalam waktu dekat. 

Please Select Embedded Mode To Show The Comment System.*

Lebih baru Lebih lama