Cara Nyaman Dalam Perjalanan Udara Jarak jauh: Intip Tips Sebelum, Selama dan Setelah Penerbangan

Brett Sayles / Pexels.com

Wisataohhwisata.com -  Penerbangan jarak jauh umumnya dianggap memakan waktu delapan jam atau lebih, sedangkan penerbangan yang melebihi 16 jam yang sangat melelahkan disebut “jarak sangat jauh”.

Penerbangan komersial nonstop terpanjang yang tersedia saat ini meliputi New York ke Singapura (18 jam 50 menit; 15.337 km) dan Perth ke London (17 jam 45 menit; 14.500 km). Qantas Airways, maskapai penerbangan nasional Australia, berencana mengoperasikan dua penerbangan langsung yang lebih panjang pada tahun 2025: Sydney ke London dan Sydney ke New York  – rute yang akan memakan waktu hingga 20 jam.

Bagi para pelancong, terbang di ketinggian 35.000 kaki untuk jangka waktu yang lama memiliki tantangan tersendiri, termasuk terbatasnya ruang untuk bergerak, udara kabin yang kering, dan perubahan zona waktu.

Meskipun perjalanan udara jarak jauh yang ekstrem tidak pernah semudah ini, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan,  sebelum, selama, dan setelah penerbangan untuk mengurangi rasa buruknya.

Jennifer Bagnall, 40, seorang eksekutif komunikasi yang sering bepergian antara rumahnya di Los Angeles dan Sydney, percaya bahwa menyusun ulang pengalaman dalam pikiran Anda adalah langkah pertama yang penting.

“Daripada mendekatinya sebagai rentang waktu yang panjang di ruang terbatas tanpa jalan keluar, saya memikirkan tentang rentang waktu yang panjang tanpa gangguan  dan di mana saya tidak dapat dihubungi,” katanya.

1. Kemaskan Bawaan Anda Dengan Cerdas 

Kemungkinan besar Anda akan memeriksa barang bawaan, jadi tas jinjing harus dilengkapi dengan baik. Selain barang apa pun yang akan Anda gunakan untuk hiburan, pikirkan terlebih dahulu barang apa yang akan membantu Anda merasa paling nyaman.

Mengemas pakaian ganti (jika ada persinggahan, Anda mungkin bisa mandi di bandara) serta sikat gigi dan pasta gigi akan sangat membantu Anda merasa lebih segar selama perjalanan. Pastikan mengenakan pakaian yang nyaman dan sepasang kaus kaki kompresi untuk mengatasi kaki bengkak akibat berjam-jam dengan sedikit aktivitas fisik.

“Pakai hoodie,” kata  Nikki Greenberg, seorang futuris dan ahli strategi inovasi dari Sydney yang sering bepergian ke luar negeri untuk bekerja. “Nyaman, hangat, menutupi telinga (lebih sedikit kebisingan) dan mata (lebih sedikit cahaya untuk tidur).|

2. Temukan Cara Untuk Tidur Sebanyak Mungkin

Lakukan apa saja yang Anda bisa untuk memastikan Anda menghabiskan sebagian besar waktu di pesawat untuk tidur. Beberapa pelancong menganggap obat tidur atau suplemen melatonin sebagai barang yang wajib dimiliki, sementara pelindung mata dan headphone peredam bising dapat mengurangi pencahayaan kabin dan membantu meredam deru pesawat. 

Memetakan jadwal tidur Anda sebelumnya juga dapat berguna, tergantung kapan penerbangan atau penerbangan Anda berangkat. Vanessa Quincey, seorang direktur periklanan dari Melbourne, Australia, yang telah tinggal di New York selama satu dekade terakhir, tetap terjaga selama perjalanan singkatnya   New York ke Los Angeles   untuk memastikan dia sangat lelah untuk perjalanan kedua yang panjang ke Melbourne.

“Beli masker mata jika Anda berencana untuk tidur,” katanya. “Masker akan menghalangi lampu di atas kepala, dan tombol 'jangan ganggu' akan memberi tahu awak kabin untuk tidak membangunkan Anda.”

3. Hemat Hiburan

Klook.com

Rencanakan bagaimana Anda akan mengisi sisa waktu di pesawat: Narasi 10 episode dari sebuah serial TV akan memakan waktu lebih lama dari satu film. Anda dapat melihat situs web maskapai penerbangan untuk mengetahui hiburan dalam penerbangan apa yang akan tersedia pada penerbangan.

Pastikan untuk mengunduh acara TV, film, podcast, dan musik ke perangkat Anda sebelum Anda tiba di bandara. Bawalah buku bagus yang ingin Anda baca. Miliki beberapa game offline yang dapat Anda mainkan di ponsel atau iPad Anda. Dan jangan lupa pengisi daya portabel cadangan.

Patrick Quade, pendiri teknologi berusia 52 tahun dari New South Wales di Australia, telah melakukan perjalanan antara Amerika Serikat dan Australia lebih dari dua lusin kali. Dia merekomendasikan untuk menetapkan tujuan yang membutuhkan waktu lebih dari 20 jam: “Pelajari Adobe Premiere dengan cukup baik untuk membuat film pendek berdurasi tiga menit dengan pengeditan dan trek suara.”

4. Jangan Pernah Berhenti Hidrasi

Udara di dalam pesawat sangat kering. Siapkan pelembab yang layak, lip balm, obat tetes mata pelumas, dan semprotan hidung kecil. Cobalah untuk menghindari alkohol dan minum air sebanyak yang Anda bisa selama penerbangan: Membawa botol air kosong Anda sendiri untuk diisi di bandara setelah bea cukai dapat membantu mencapai tujuan ini. Vitamin atau elektrolit bubuk dapat ditambahkan ke air Anda untuk memaksimalkan hidrasi.


Banner IDwebhost

Please Select Embedded Mode To Show The Comment System.*

Lebih baru Lebih lama