Minggu, 04 November 2012

Para Pioner Travel Agent Dunia

Posted by Harry Prasetyo at 20.30

Banyak orang melakukan perjalanan dari suatu kota ke kota lain, dari benua yang satu ke benua yang lain setelah permulaan abad ke XX yang ditandai dengan banyaknya kemajuan dalam bidang transportasi, baik darat, di laut dan di udara. 

Hal itu dimungkinkan karena adanya kemajuan yang sangat pesat dalam pembangunan akomodasi perhotelan dibeberapa kota penting, sehingga dapat lebih memudahkan bagi orang-orang untuk melakukan perjalanan wisata dengan motivasi apapun.
sumber foto:www.wikipedia.com
Thomas Cook
Thomas Cook yang dilahirkan tanggal 22 November 1818 di Derbyshire, inggris dianggap sebagai orang pertama yang menemukan profesi Travel Agent, sebagai salah satu usaha seperti yang kita kenal sekarang ini. Thomas Cook lahir John dan Elizabeth Cook yang tinggal sebuah di desa Melbourne, Derbyshire. Anak pertama pasangan itu, ia diangkat setelah ayah Elizabeth, Thomas Perkins, John Cook meninggal ketika Thomas adalah tiga tahun, dan ibunya menikah lagi kemudian pada tahun yang sama.
Pada usia 10 tahun, Cook mulai bekerja sebagai asisten tukang kebun pasar lokal untuk mendapatkan upah enam pence seminggu untuk biaya hidupnya. Pada usia 14 tahun, dia mendapatkan magang dengan John Pegg, dan menghabiskan lima tahun sebagai pembuat kabinet.

Cook dibesarkan sebagai seorang Baptis yang ketat, dan bergabung setempat Temperence SocietyPada bulan Februari 1826, Cook memutuskan menjadi seorang pendeta, dan berkeliling daerah sebagai penginjil desa, menyebarkan pamflet, dan kadang-kadang bekerja sebagai pembuat kabinet untuk mendapatkan uang.  Setelah bekerja sebagai penerbit paruh waktu dari pamflet Baptis dan Temperance, dia menjadi seorang pendeta Baptis tahun 1828.

Pada tahun 1832, Cook pindah ke Adam and Eve Street di Market Harborough. Dipengaruhi oleh pendeta Baptis lokal Francis Beardsall, ia mengambil janji kesederhanaan pada Hari Tahun Baru pada 1833. Sebagai bagian dari gerakan kesederhanaan, ia mengadakan pertemuan dan mengadakan prosesi anti-minuman keras. Pada tanggal 3 Maret 1833, Cook menikahi Marianne Mason dan lahirlah John Mason Cook, putra tunggal mereka.

Cook mencoba peruntungan lain setelah melihat dan mempelajari perkembangan transportasi yang semakin lengkap fasilitasnya, ditambah banyaknya hotel yang didirikan, maka ia mencoba merencanakan suatu perjalanan wisata dengan kereta api. Tour yang paling bersejarah yang pernah diselenggarakan adalah “A Round Trip excursion” antara kota Leicester dan Loughborogh dengan biaya murah yaitu 1 shilling seorang pada tanggal 5 Juli 1841.

Di luar dugaan, pengikut tournya itu membludak  lantaran mencapai angka yang tak pernah dibayangkan sebelumnya yaitu mencapai angka sebanyak kurang lebih 500 orang. Kepiawaiannya bekerja, ia dapat carter kereta api untuk keperluan tour tersebut.  Sambutan hangat diterimanya, sehingga usahanya dianggap sebagai pengaturan perjalanan wisata yang terorganisasi pertama di dunia.

Empat tahun kemudian usahanya berkembang sebagai suatu perusahaan perjalanan (Travel Agent), yang fungsinya merencanakan, mengkoordinasi, mengorganisasi serta menyelenggarakan perjalanan wisata dengan kereta api. Dari usahanya ini ia dapat komisi dari perusahaan kereta api Midland Countries Railways sebesar 5%.

Tour yang diselenggarakannya tidak hanya ke suatu daerah tujuan yang baru, sesuai dengan perkembangan jaringan kereta api pada khususnya serta transportasi pada umumnya. Atas permintaan yang cukup banyak pada tahun 1851 ia menyelenggarakan tour dari London dengan pengikut sebanyak 50.000 orang yang menyaksikan World Exhibition di Prancis dengan menyediakan fasilitas transportasi dan akomodasi bagi para pengikutnya. Hari demi hari usaha Travel Agent tersebut semakin maju. Kalau tadinya tour yang diselenggarakannya di dalam negeri saja, sekarang ia mulai merambah ke Eropa.

Dengan dibukanya kantor Cook’s Travel Agent di London tahun 1868, ia menjadi orang pertama yang ditunjuk menjadi agen dari beberapa perusahaan pengangkutan, termasuk agen kapal laut. Sedangkan anaknya, John Mason Cook, mulai aktif pula membantunya untuk menyelenggarakan tour ke Eropa dan Amerika Serikat dalam tahun 1865.

Pioner Travel Agent lainnya
Selain Thomas Cook, Perusahaan Inggris Cox & Kings acapkali disebut sebagai biro perjalanan tertua di dunia, tapi ini hanya bertumpu pada layanan perbankan mula-mula yang didirikan pada tahun 1758, yang disediakan untuk para klien kaya.

Lembaga perintis travel agent lainnya di Inggris adalah Dean & Dawson, yang adalah tokoh dari lembaga Perhimpunan Politeknik Perjalanan atau Polytechnic Touring Association dan Co-operative Wholesale Society. Sedangkan biro perjalanan tertua di Amerika Utara adalah Brownell Travel. Pada tanggal 4 Juli 1887, Walter T. Brownell memimpin sepuluh wisatawan melalukan tour di Eropa, dengan mengatur pelayaran dari New York dengan menaiki SS Devonia. (berbagai sumber)

0 comments:

 

Jejak Cerita Wisata Copyright © 2012 Design by Antonia Sundrani Vinte e poucos