Desa Kaduela Raih Juara Desa Maju dalam Lomba Desa Wisata Nusantara 2023


wisataohhwisata.com, Jakarta - Desa Kaduela, Kecamatan Pasawahan, Kabupaten Kuningan meraih prestasi gemilang dengan meraih juara 2 dalam Lomba Desa Wisata Nusantara 2023 kategori Desa Maju/Mandiri. Inisiatif yang diinisiasi oleh Direktorat Jenderal Pembangunan Desa dan Perdesaan Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi ini menjadikan Desa Kaduela sebagai satu-satunya perwakilan gemilang dari Kabupaten Kuningan pada tingkat nasional.

Ketua BUMDes Arya Kamuning, Iim Ibrahim, menyampaikan kebanggaannya meski meraih peringkat 2 terbaik. “Kami sangat bangga membawa harum desa dan kabupaten Kuningan, terutama dengan konsep Desa Wisata yang telah meraih prestasi gemilang, terpilih pada kategori desa maju atau mandiri,” ujar Iim.

Capaian ini tidak lepas dari perjuangan keras Desa Kaduela, yang mampu mengelola dengan baik dua destinasi unggulan sejak 2019, khususnya Telaga Biru Cicerem.

BUMDes Arya Kamuning, dengan fokus penataan dan pengembangan, tidak hanya memperindah infrastruktur fisik, tetapi juga menambahkan beragam wahana untuk meningkatkan pengalaman rekreasi para wisatawan.

Dilansir laman kuningankab.go.id, Iim menegaskan, “Pengembangan Desa Wisata Kaduela dilakukan secara mandiri, melibatkan aktivitas masyarakat setempat untuk terlibat langsung dalam pariwisata

Sebagai langkah lebih lanjut, BUMDes Arya Kamuning berhasil membuka destinasi baru, Kolam Renang Side Land, pada akhir 2022. Objek wisata ini menjadi magnet bagi wisatawan, menciptakan keuntungan ekonomi yang signifikan bagi warga Desa Kaduela.

Menariknya, meski jumlah wisatawan mancanegara masih terbatas, Desa Wisata Kaduela telah berhasil menarik perhatian turis domestik dengan lebih dari 11 ribu kunjungan selama Januari-Oktober 2023. Puncak kunjungan terjadi pada bulan Agustus dengan sekitar 18 ribu wisatawan.

Iim berterima kasih atas doa, dukungan, dan kerjasama solid masyarakat dan rekan-rekannya yang memungkinkan Desa Kaduela meraih penghargaan, meskipun hanya sebagai juara kedua. Dengan harapan yang tinggi, mereka berencana untuk terus meningkatkan prestasi Desa Kaduela dalam bidang pariwisata. 

Penulis: Harry P

Please Select Embedded Mode To Show The Comment System.*

Lebih baru Lebih lama