Pemprov Harap Pemerintah Pusat Beri Atensi Program Prioritas Kepariwisataan Sulsel

 


Wisataohhwisata Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) menekankan pentingnya perhatian dari pemerintah pusat terhadap program prioritas Sulsel di bidang kepariwisataan, khususnya untuk Kawasan Taman Nasional Takabonerate dan Geopark Maros - Pangkep. Harapan ini disampaikan oleh Plh Sekretaris Daerah Provinsi Sulsel, Andi Muhammad Arsjad, dalam Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis) Pengembangan Destinasi Pariwisata Wilayah II untuk Area I.

Acara yang digelar di Hotel Claro Makassar pada Senin, 4 Maret 2024, dihadiri oleh berbagai pihak terkait di tingkat provinsi dan kabupaten/kota. Arsjad menyampaikan harapannya agar kegiatan ini dapat menjadi wadah untuk menyelaraskan program pemerintah pusat dan daerah, khususnya di Sulsel.

"Kami berharap kegiatan ini bisa menjadi forum untuk mensinkronisasikan, mensinergikan antara program-program dari pemerintah pusat, pemerintah daerah, baik provinsi maupun kabupaten/kota," ujar Arsjad.

Lebih lanjut, ia juga menyoroti program-program prioritas Sulsel di bidang pariwisata, seperti Kawasan Taman Nasional Takabonerate dan Geopark Maros - Pangkep. Arsjad berharap agar pemerintah pusat dapat memberikan perhatian khusus terhadap objek-objek wisata ini.

Sementara itu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, menyampaikan sambutannya melalui zoom meeting. Sandiaga berharap kegiatan ini dapat meningkatkan sinergitas antara pemerintah pusat dan daerah, terutama di Destinasi II yang mencakup Sulawesi. Ia menekankan peran pemerintah sebagai fasilitator pengembangan potensi wisata yang dapat meningkatkan kunjungan wisatawan.

"Kepada Pak Haryanto di bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur dan dibawahnya saya tugaskan untuk menampung aspirasi mendengarkan tantangan dan hambatan dalam pengembangan destinasi dan infrastruktur ekonomi kreatif," kata Sandiaga.

Harapannya, melalui Rakornis ini, kerjasama yang erat antara unsur pusat dan daerah dapat mempercepat program kegiatan yang memberikan manfaat maksimal dengan semangat Gerak Cepat, Gerak Bersama, Gass Poll Garap semua Potensi. Acara juga dihadiri oleh Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur Hariyanto, Inspektur Utama Kemenparekraf Bayu Aji, serta perwakilan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata se-Indonesia Timur.

Please Select Embedded Mode To Show The Comment System.*

Lebih baru Lebih lama