Subscribe Us

Ada Pantai Jerman di Bali

Bali memang terkenal dengan pantai-pantainya yang cantik dan indah. Sebut saja Pantai Kuta, Pantai Sanur, Pantai Dreamland, Pantai Pandawa atau pantai lainnya. Namun diantara pantai-pantai itu ada satu pantai di Bali yang memiliki nama yang unik seperti nama sebuah negara di Eropa, yaitu Pantai Jerman. Pantai ini terletak di terletak di Jl Wanasegara, Tuban, Kuta selatan dan lokasinya tidak jauh dari Bandara Ngurah Rai.

Dulunya Pelabuhan Kuta
Pantai Jerman dulunya adalah pelabuhan Kuta di mana para pedagang dari luar Bali berlabuh dengan membawa barang barang dagangan untuk bertransaksi pada waktu itu. Menurut catatan Pierre Dubois dalam kedudukannya sebagai pejabat Pemerintah Belanda, yang diizinkan untuk tinggal di daerah Kuta. Pierre Dubois, Wakil Pemerintahan Hindia Belanda yang tinggal di Kuta pada tahun 1827. Pelabuhan Kuta merupakan pelabuhan yang terpenting di Bali Selatan waktu itu.

Pada Abad 19, Mads Lange seorang syahbandar asal Denmark juga menetap dan mendirikan markas dagang di Kuta, Selama tinggal di Bali dia sering menjadi perantara antara Raja-Raja di Bali dan Belanda. Mads Longe meninggal secara misterius. Kuburan Mads Longe terletak disebelah konco di pinggir sungai tersebut.

Pelabuhan Kuta yang terkenal karena pelabuhannya sekarang sudah tidak ada karena terkena abrasi air laut dan digantikan namanya menjadi Pantai Jerman. Kenapa dinamakan Pantai Jerman? setelah tidak lagi menjadi pelabuhan, pantai itu kemudian didirikan perumahan yang dihuni oleh warga jerman. Seiring perkembangan waktu, pantai itu lantas diganti lagi menjadi Pantai Segara karena perumahan warga Jerman sudah tenggelam terkena kena abrasi. Dan yang tersisa dari pantai Jerman/Segara adalah perahu-perahu nelayan tetapi tidak melaut untuk cari ikan(kadang-kadang mereka mencari ikan tetapi untuk musim ikan banyak).

Berjemur Ditemani Perahu Nelayan
Terlepas dari asal muasal sejarah, Pantai Jerman tidak kalah cantik dengan pantai lainnya di Bali. Pasir Pantai Jerman sangat halus dan nyaman saat Anda berjalan bertelanjang kaki di pantainya. Selian itu Pantai Jerman juga memiliki kontur yang landai dan luas. Ditambah dengan suasana yang masih sepi dari wisatawan, Anda dapat berjemur berlama-lama di pantai atau bermain pasir sepuasnya.

Di pantai ini Anda akan menemukan banyak perahu-perahu nelayan. Perahu-perahu tersebut terparkir rapi di pinggiran pantainya dengan warna dan ukuran yang beragam. Perahu-perahu itu jika Anda hobi fotografi dapat menjadi objek foto yang menarik. Inilah sajian yang berbeda di Pantai Jerman. Jika di pantai-pantai lainnya Anda hanya menikmati waktu di pinggir pantai, maka di sini Anda bisa berperahu dan menikmati lautan biru.

Satu hal yang paling spesial di Pantai Jerman, yaitu Anda bisa melihat pesawat mendarat atau lepas landas dari Bandara Ngurah Rai di bagian kiri pantai.Bersantai di pantai sambil melihat pesawat naik turun akan menjadi sensasi yang berbeda.(berbagai sumber)

Posting Komentar

1 Komentar

Harry Prasetyo mengatakan…
siyappppp gannnnnnn!! hehehehhee