Gua dan Para Pejuang Indonesia

Menelisik keberadaan dari sebuah gua di Indonesia ternyata cukup krusil juga, pasalnya gua-gua di Indonesia pada zaman negeri belum merdeka banyak digunakan oleh para pejuang kemerdekaan kita untuk melawan kaum penjasjah. Banyak yang mereka lakukan di dalam sana, dari mulai mengatur strategi perang melawan kaum penjajah sampai dijadikan tempat untuk sekedar singgah sementara setelah berjibaku dengan banyak peluru. Dimana sajakah gua-gua itu berada, nah dibawah ini ada beberapa gua-gua di Indonesia yang dekat dengan sejarah perjuangan bangsa Indonesia:
          Yang pertama adalah Gua Kamang yang terletak di Jorong Durian, Kanagarian Kamang Mudik, Kecamatan Kamang Magek. Gua ini pernah dipergunakan oleh para pejuang Agam dalam perrang perjuangan kemerdekaan. Gua ini dijadikan sebagai tempat untuk mengatur strategi dalam Perang Kamang, diantara tokoh yang pernah menggunakannya adalah Haji Abdul Manan.
sumber foto: www.agamkab.go.id
Selain itu di tahun 1831, gua ini juga pernah digunakan sebagai benteng bagi Tuanku Nan Renceh dan pengikut-pengikutnya. Beliau adalah salah seorang perwira dan pejuang nan masyhur pengikut Tuanku Imam Bonjol pejuang kemerdekaan melawan penjajah dalam Perang Padri 1821-1837. Nan Rencch dikenal pula sebagai satu di antara Harimau Nan Salapan (Harimau Yang Delapan) di Luhak Agam. Dalam gua Ngalau Kamang ini ada ruangan seluas 70 meter persegi tempat Tuanku Nan Renceh mengatur siasat dan mempertahankan diri.  Ngalau Kamang yang mempunyai panjang sekitar 5 km sering dikunjungi oleh masyarakat dalam kegiatan wisata.
Gua yang berjarak 15 kilometer dari Bukittinggi, Padang, Sumatera Barat ini sangat mudah dicapai dengan berbagai jenis kendaraan. Jalan ke sana cukup baik datar sekalipun ada yang belum diaspal. Pintu-pintu gua pun dihiasi dengan gerbang model rumah gadang.
Kedua ada Gua Grobogan yang panjangnya lebih pendek dibanding dengan gua diatas yaitu tujuh kilometer yang berada di pegunungan Kendeng Selatan di Desa Sumberjosari Kecamatan Karang Rayung, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah. Gua ini konon katanya sudah ada beratus-reatus tahun yang lalu dan diduga menjadi tempat persinggahan para pejuang pada masa penjajahan Belanda. Gua tersebut adanya di pinggiran sawah warga Sumberjosari Karang Rayung dan sekeliling gua dipenuhi rerumputan yang tinggi layaknya areal pegunungan.
Yang ketiga Gua Borallah, Goa ini disebut masyarakat dengan nama Goa Borallah tepatnya berada di Hutapungkut Julu, Kecamatan Kotanopan, Kabupaten Mandailing Natal, Sumatera Utara. Gua ini mempunyai arti penting dalam sejarah perjuangan bangsa Indonesia lantaran pernah digunakan oleh para pejuang kemerdekaan RI sebagai temppat persembunyian dan rapat dalam menyusun strategi dalam mengusir penjajajah dari bumi pertiwi ini. Di antara para tokoh kemerdekaan yang pernah menggunakan gua ini tercatat ada  H. Adam Malik, Tan Malaka, H. Sujak dan pejuang kemerdekaan lainnya.
 Keempat, letaknya di Kediri, ada Gua yang bernama Gua Surowono, nah pada masa perang kemerdekan Gua itu digunakan sebagai tempat persembunyian para pemuda dan para pejuang laki-laki Indonesia yang ingin mempertahankan daerah tersebut. (bersambung)

1 Komentar

Please Select Embedded Mode To Show The Comment System.*

Lebih baru Lebih lama