Selasa, 25 Desember 2012

Parade Asik Mobil Klasik

Posted by Harry Prasetyo at 23.01

Jumat itu dapat kabar dari seorang teman, dia bilang ada acara asik tanggal 14 sampai 16 Desember di Kemayoran, Jakarta. Wah sepertinya layak untuk didatangi mengingat tanggal-tanggal itu adalah hari weekend. Tapi yang menjadi pertanyaan, apakah acaranya itu? Dia bilang acara itu adalah pameran mobil klasik atau the 6th otoblitz International Classic Car Show 2012.  

Dan katanya pameran itu adalah yang terbesar sekaligus yang terlengkap se-Asia Tenggara. Tak tangung-tangung, disana ada sekitar 300-an mobil klasik berbagai merk. Pantas saja yang terbesar jika dibandingkan dengan Malaysia Car of The Year yang hanya menampilkan 100 koleksi mobil klasiknya, atau Bangkok Vintage Car Concours yang mungkin jumlah mobil yang dipamerkan lebih sedikit dibandingkan dengan yang ada di Kemayoran.  Mantap lah! Tanpa pikir panjang, hari dan waktu berkunjung pun ditentukan dan jatuh pada hari minggu jam 12 siang,
Bertempat di Jakarta International Expo (Jiexpo), mobil-mobil klasik itu dipamerkan di empat Hall, yaitu hall B1, B2,  C1 dan C2, jadi sepanjang kaki ini melangkah dari satu hall ke hall lainnya hanya menemukan kendaraan atau hal-hal yang berbau klasik. Mata pun termanjakan dengan kendaraan-kendaraan roda empat yang sudah uzur usianya, namun masih tetap cantik penampilannya. 

Karena saking banyaknya sayang tak sempat mencatat semua mobil-mobil antik yang dipamerkan, namun setidaknya  di sana ada mobil Mercedes-Benz Cabriolet A320-1142 (1948), Ford V8 Cabriolet (1936), dan Oldsmobile Hardtop Coupe 98 (1958) hingga yang tertua Dodge Brother (1935). Pun dengan deretan mobil The Hottest VW atau yang sering disebut "VW kodok" klasik mulai dari tahun 1950-1973 juga ada dalam pameran ini.

Yup,seperti tak lekang oleh waktu,   dua mobil kepresidenan atau mobil yang pernah dipakai oleh mendiang Presiden Soekarno pun terlihat begitu apik. Chrysler Windsor limo tahun 1947, mobilnya Presiden Soekarno yang pernah digunakan oleh Jenderal Sudriman dan Chrysler Imperial Crown Coupe tahun 1963 yang biasa digunakan Presiden Soekarno pada akhir pekan.  Tangan  ini pun tergoda untuk menyentuh moda bersejarah ini.

Tapi di antara mobil-mobil yang dipajang dalam pameran ini, nah  ada salah satu yang cukup menarik  yaitu mobil-mobilnya James Bond yang pernah dipakai dalam film-filmya,i mulai dari Sunbeam Alpine (1962) yang digunakan dalam film Dr. No, Citroen 2 CV (1965) dalam film Thunderball, Mustang Mach 1 (1971) dalam Diamonds are Forever, hingga MGV (1967) yang ditunggangi agen 007 tersebut di film The Man With The Golden Gun. Mobil-mobil ini  sengaja dipajang untuk memperingati 50 tahun James Bond.








2 comments:

 

Jejak Cerita Wisata Copyright © 2012 Design by Antonia Sundrani Vinte e poucos