Promosikan Wisata Leisure, Jakarta Berpartisipasi dalam Pameran Internationale Tourismus-Börse (ITB) di Jerman

 


Wisataohhwisata.com Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, melalui Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf), turut serta dalam Pameran Internationale Tourismus-Börse (ITB) Berlin, yang berlangsung pada 5-7 Maret 2024 di Berlin Exhibition Grounds, Berlin, Jerman. Partisipasi ini merupakan bagian dari komitmen Disparekraf DKI Jakarta untuk mendukung program pemerintah dalam mencapai target kunjungan wisatawan mancanegara tahun 2024.

ITB Berlin 2024 menjadi salah satu acara pariwisata terbesar di dunia, ditunggu-tunggu oleh pelaku bisnis industri pariwisata. Disparekraf Provinsi DKI Jakarta berkolaborasi dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI dan ambil bagian dalam booth Paviliun Wonderful Indonesia seluas 396 m2 dengan tema "Regeneratif dan Green Tourism, menonjolkan 5 Destinasi Super Prioritas." Wakil Menteri Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) meresmikan Paviliun Wonderful Indonesia pada 5 Maret 2024. Kehadiran Indonesia di acara ini dianggap penting sebagai bentuk komitmen bersama untuk mengembangkan pariwisata Indonesia sebagai penggerak ekonomi nasional.

Andhika Permata, Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, mengungkapkan, "Sebagai sektor yang memiliki dampak langsung terhadap perekonomian masyarakat dan multiplier effect yang tinggi, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta terus mendorong promosi, pertumbuhan, dan perkembangan pariwisata Jakarta melalui partisipasi dalam berbagai pameran bertaraf internasional."

Pada tahun 2024, ITB Berlin diikuti oleh perwakilan lebih dari 180 negara. Indonesia membawa 92 co-exhibitors, termasuk 10 industri pariwisata Jakarta, seperti Travel Agent, Operator Tur, Hotel, dan pengusaha restoran, yang turut serta dalam mempromosikan pesona wisata Jakarta.

"Saat ini, kami memperkenalkan destinasi ecotourism wisata leisure di Kepulauan Seribu, serta sport tourism wisata Golf yang dapat dinikmati sepanjang tahun. Disparekraf siap mendukung program pemerintah mencapai target kunjungan wisatawan mancanegara tahun 2024 sebanyak 9,5-14,3 juta," ujar Sherly Yuliana, Kepala Bidang Pemasaran dan Atraksi Disparekraf DKI Jakarta.

Paviliun Wonderful Indonesia, selain sebagai daya tarik utama, turut menampilkan Abang None Jakarta sebagai Duta Pariwisata Jakarta dan seorang pelaku ekonomi kreatif sub-sektor kriya yang memperkenalkan seni membatik Betawi melalui workshop interaktif bersama pengunjung.

Lucky Wulandari, Ketua Sub Kelompok Pemasaran Pariwisata Luar Negeri Disparekraf DKI Jakarta, menjelaskan, "Tema green tourism yang diusung adalah pengembangan konsep berwisata yang memberikan dampak jangka panjang pada lingkungan dan ekonomi untuk masa kini dan masa depan bagi masyarakat dan wisatawan."

Perlu dicatat, ITB Berlin telah menjadi bursa pariwisata terbesar di dunia sejak tahun 1966. Acara ini dihadiri oleh lebih dari 1.000 pembeli, 23.000 pengunjung konvensi, 50.000 pengunjung pribadi, dan 115.000 pengunjung bisnis pada tahun 2023. Dengan luas area pameran 160 ribu meter persegi dan nilai transaksi lebih dari 6,7 miliar Euro.

Please Select Embedded Mode To Show The Comment System.*

Lebih baru Lebih lama