Volume Penumpang Kereta Api Meningkat 44% Selama Long Weekend, KAI Ingatkan Aturan Bagasi


Wisataohhwisata.com  PT Kereta Api Indonesia (Persero) mencatat lonjakan signifikan dalam volume penumpang selama long weekend libur Isra Mikraj dan Cuti Bersama Imlek. Data yang dikeluarkan pada Rabu (7/2) pagi menunjukkan bahwa sebanyak 145.355 tiket kereta api telah terjual, mengalami peningkatan sebesar 44% dibandingkan dengan Rabu pekan sebelumnya (31 Januari) yang mencapai 100.640 penumpang. Adapun penjualan tiket masih terus berlangsung, sehingga angka ini dapat terus meningkat.

"Total tiket yang terjual selama long weekend Isra Mikraj dan Imlek, dari Selasa (6 Februari) hingga Minggu (11 Februari), mencapai 680.542 tiket atau rata-rata 113.424 tiket per hari. Angka ini setara dengan 79% dari total tiket KA yang disediakan sebanyak 859.681 tiket," ujar VP Public Relations KAI, Joni Martinus.

Lihat JugaEksplorasi destinasi dan hotel dengan harga terbaik

Rute-rute favorit masyarakat selama periode long weekend ini antara lain Jakarta - Surabaya PP, Jakarta - Solo PP, Yogyakarta - Banyuwangi PP, Bandung - Blitar PP, Surabaya - Banyuwangi PP, dan relasi lainnya.

Di samping memberikan informasi tentang peningkatan volume penumpang, Joni juga mengingatkan kembali aturan bagasi bagi pelanggan kereta api. Pelanggan diperbolehkan membawa bagasi tanpa dikenakan bea dengan berat maksimum 20 kg dan volume maksimum 100 dm3, dengan dimensi maksimal 70 x 48 x 30 cm, serta terdiri dari maksimal 4 koli (item bagasi).

Jika pelanggan membawa bagasi melebihi ketentuan tersebut saat boarding di stasiun, akan dikenakan bea sebesar Rp10.000/kg untuk kelas eksekutif, Rp6.000/kg untuk kelas bisnis, dan Rp2.000/kg untuk kelas ekonomi.

Lihat Juga: Penginapan impian diskon 25%+ / 25% or more off your dream stay

Joni juga menjelaskan bahwa batas barang bagasi berbayar adalah dengan berat di atas 20 kg hingga maksimal 40 kg dan untuk volume di atas 100 dm3 (70 x 48 x 30 cm) hingga maksimal 200 dm3 (70 x 48 x 60 cm). Barang bawaan di atas ketentuan tersebut tidak diperkenankan dibawa ke dalam kabin kereta penumpang dan disarankan menggunakan jasa ekspedisi kereta api seperti KAI Logistik.

"Kami berkomitmen untuk memastikan perjalanan kereta api, khususnya selama momen long weekend ini, dapat berjalan dengan selamat, aman, lancar, tertib, dan terkendali," tambah Joni.

Banner IDwebhost

Please Select Embedded Mode To Show The Comment System.*

Lebih baru Lebih lama