Indonesia AirAsia Membuka Rute Internasional Terbaru, Jakarta-Kota Kinabalu


Wisataohhwisata.com Maskapai berbiaya hemat terbaik dunia versi Skytrax, Indonesia AirAsia, mengumumkan pembukaan rute internasional terbarunya hari ini. Rute ini menghubungkan ibu kota Indonesia, Jakarta, langsung ke Kota Kinabalu, Malaysia, menjadi satu-satunya penerbangan langsung yang menghubungkan kedua kota tersebut.

Direktur Operasi Indonesia AirAsia, Capt. Wuri Septiawan, menyatakan bahwa keputusan ini bukan hanya untuk memperluas konektivitas penerbangan internasional, tetapi juga sebagai dukungan terhadap upaya pemerintah dalam mempererat hubungan antara Indonesia dan Malaysia. "Kami ingin mempermudah akses bagi wisatawan asal Indonesia dan Malaysia untuk saling berkunjung dan menikmati destinasi wisata unggulan di masing-masing negara, dan tentunya dengan harga yang terjangkau," ujarnya.

Lihat JugaEksplorasi destinasi dan hotel dengan harga terbaik

Rute ke Kota Kinabalu ini menjadi yang kelima dari Indonesia AirAsia yang langsung terbang ke Malaysia dari Jakarta, setelah sebelumnya membuka rute ke Kuala Lumpur, Johor Bahru, Penang, dan Kuching.

Penerbangan perdana Indonesia AirAsia dengan kode QZ 526 dari Bandara Internasional Soekarno Hatta (CGK) mendarat sukses di Bandara Internasional Kota Kinabalu (BKI) pada jam 15:55 waktu setempat, disambut dengan sambutan water salute. Acara ini turut dihadiri oleh sejumlah pejabat, termasuk Datuk Joniston Bangkuai, Assistant Minister of Tourism, Culture and Environment Sabah & Chairman of Sabah Tourism Board, serta Rafail Walangitan, Consul General Indonesia in Sabah.

Direktur Operasi Indonesia AirAsia, Capt. Wuri Septiawan, menyatakan komitmen untuk meningkatkan sektor pariwisata dan perekonomian kedua negara. "Kota Kinabalu memiliki daya tarik unik dan keindahan alam yang mempesona. Rute baru ini, kami harap dapat menyambut lebih banyak wisatawan Indonesia untuk menikmati keindahan pariwisata Sabah," tutur Datuk Christina Liew, Sabah Minister of Tourism, Culture and Environment.

Lihat Juga: Penginapan impian diskon 25%+ / 25% or more off your dream stay

Dalam perspektif statistik, selama tahun 2023, wisatawan asal Malaysia menduduki posisi pertama sebagai wisatawan mancanegara terbanyak yang mengunjungi Indonesia, sementara wisatawan Indonesia menempati peringkat ketiga yang mengunjungi Sabah.

Pembukaan rute langsung ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif terhadap pertumbuhan sektor pariwisata, juga meningkatkan aktivitas ekspor dan impor melalui layanan kargo, mengingat Malaysia merupakan negara tujuan ekspor ke-5 dan asal impor ke-4 bagi Indonesia, menurut Kementerian Perdagangan Republik Indonesia.

Banner IDwebhost

Please Select Embedded Mode To Show The Comment System.*

Lebih baru Lebih lama