F1Powerboat Kembali Meriahkan Danau Toba pada 2-3 Maret 2024


Wisataohhwisata.com Ajang balap perahu motor internasional F1Powerboat akan kembali menyapa pecinta olahraga air di Danau Toba pada 2-3 Maret 2024. Holding BUMN Pariwisata dan Pendukungnya, PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau InJourney, bersiap menghadirkan keseruan yang tidak kalah dari F1Powerboat tahun sebelumnya.

Dengan harapan untuk mencapai dampak ekonomi yang lebih besar dari sebelumnya, InJourney telah menyiapkan beragam acara pendukung. F1Powerboat 2024 akan menjadi panggung bagi 18 pembalap internasional dari sekitar 10 negara yang akan bersaing di Balige, Kabupaten Toba, Sumatera Utara.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, menegaskan pentingnya menjadikan Danau Toba sebagai destinasi water sport tourism. Dalam konferensi pers penyelenggaraan F1Powerboat, ia mengungkapkan bahwa event berskala internasional seperti ini menjadi katalisator untuk mempromosikan potensi dan keindahan Danau Toba ke kancah internasional.

Lihat JugaEksplorasi destinasi dan hotel dengan harga terbaik

"Pada akhirnya, ini akan menciptakan multiplier effect yang luar biasa bagi pertumbuhan ekonomi masyarakat sekitarnya," ujar Luhut.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, menambahkan bahwa F1Powerboat telah terbukti menjadi magnet pengunjung, menciptakan peluang bisnis untuk pelaku UMKM dan memberikan dampak ekonomi signifikan. Pada tahun 2023, event ini berhasil menghasilkan dampak ekonomi sebesar Rp391 miliar.

Pada kesempatan yang sama, Menteri Pemuda dan Olahraga, Dito Ariotedjo, menyatakan kebanggaannya terhadap antusiasme warga Danau Toba pada event internasional sebelumnya. Ia menilai bahwa potensi water sport tourism di Indonesia memiliki daya tarik yang besar bagi masyarakat.

"Kehadiran event ini menjadi potensi bagi kita untuk memunculkan local heroes Indonesia, khususnya untuk ajang water sport," kata Dito.

Dalam persiapan menyambut F1Powerboat 2024, pemerintah berencana menyiapkan academy khusus untuk mendidik atlet-atlet water sport agar dapat berlaga di kejuaraan internasional, termasuk F1Powerboat dan Aquabike Jetski World Championship.

Lihat Juga: Penginapan impian diskon 25%+ / 25% or more off your dream stay

Direktur Utama InJourney, Dony Oskaria, menyatakan kesiapannya untuk menyelenggarakan acara ini dengan lebih sukses. Ia menekankan pentingnya dampak ekonomi yang dapat dirasakan langsung dan tidak langsung oleh masyarakat sekitar.

"Kami berharap acara ini memberikan multiplier effect yang lebih besar lagi," ujar Dony.

Gelaran F1Powerboat 2024 akan turut dimeriahkan dengan Aquabike Indonesian Championship Series Pertama, yang melibatkan sekitar 30 atlet jetski Indonesia. Selain itu, akan ada kompetisi Solu Bolon antar kabupaten Sumatera Utara dan festival budaya serta UMKM yang akan berlangsung pada 29 Februari hingga 3 Maret 2024.

Banner IDwebhost

Please Select Embedded Mode To Show The Comment System.*

Lebih baru Lebih lama