Platform Teknologi Perjalanan Mondee PHK Posisi Tenaga Pemasaran dan Digantikan AI


Wisataohhwisata.com -   Mondee, platform pemesanan untuk agen perjalanan, memangkas sekitar 15 posisi pekerjaan dari divisi pemasarannya akhir tahun lalu, termasuk kepala pemasarannya.  

"AI menangani sebagian besar pekerjaan yang dilakukan tim ini, dan sekitar enam pekerja kontrak yang berbasis di India akan melengkapi sisanya, " kata Orestes Fintiklis, Wakil Ketua Mondee.

“Mereka digantikan oleh AI dan beberapa layanan eksternal yang dialihdayakan di India. Dan kita dapat melakukannya dengan biaya yang lebih murah. Tim yang terdiri dari 15 orang itu menghabiskan… modal yang sangat besar.”

Anggota staf yang dipotong tersebut sebagian besar dipekerjakan antara bulan Maret dan November 2023 untuk memajukan strategi baru dalam membangun kemitraan dengan influencer media sosial, yang dapat menerima komisi jika follower menggunakan platform Mondee untuk memesan perjalanan. 

Setelah melakukan analisis pada akhir tahun lalu, Mondee menemukan bahwa akan lebih hemat biaya jika memanfaatkan AI secara lebih besar.

“Nilai tambahan yang dibawa oleh tim-tim ini dibandingkan dengan biayanya tidak dapat dibenarkan,” kata Fintiklis. “Terutama jika Anda melakukan komoditas dan analisis, Anda tidak memerlukan orang lagi untuk melakukan hal tersebut. Anda membutuhkan satu orang, bukan 10 orang dan AI.”

Mondee memiliki sekitar 1.300 karyawan dan lebih dari 700 di antaranya berbasis di India. Hal ini mencakup staf pemasaran yang fokus pada bisnis inti Mondee, yaitu menyediakan perangkat lunak untuk agen perjalanan. Antara 60% dan 70% pendapatan berasal dari bisnis inti.

Klook.com

"Perubahan tersebut tidak berdampak pada tim pemasaran inti karena strateginya jauh lebih kompleks, sehingga kurang rentan terhadap AI," katanya.

Namun, menurutnya AI dapat lebih terlibat dalam bisnis pemasaran inti dalam satu atau dua tahun ke depan. 

Miten Mehta  yang bergabung dengan Mondee pada bulan Juli sebagai kepala solusi AI telah mengambil peran kedua sebagai CMO baru perusahaan untuk memimpin perubahan tersebut. “Dan itulah mengapa CMO baru adalah ahli AI,” kata Fintiklis.

Mondee sangat fokus pada penerapan AI di sebagian besar bisnisnya. Pada bulan November, mereka mengakuisisi perusahaan AI Purplegrids dengan rencana untuk meningkatkan asisten perjalanan AI dan mengintegrasikan AI di seluruh perusahaan, termasuk pekerjaan back-office seperti penjualan dan pemasaran.

Juli lalu, Mondee merilis versi terbaru dari platform pemesanan perjalanannya, yang terintegrasi dengan AI generatif dan menyertakan chatbot bernama Abhi. 

Fintiklis dan para ahli lainnya sepakat bahwa perubahan seperti ini, khususnya di bidang pemasaran, kemungkinan besar akan terus berlanjut di seluruh industri. 


Banner IDwebhost

Please Select Embedded Mode To Show The Comment System.*

Lebih baru Lebih lama