Dimana Negara yang Mendapat Sinar Matahari Pertama Kali di Bumi?

state.gov

Wisataohhwisata.com  -   Bayangkan bisa merasakan tempat yang menyaksikan cahaya matahari pertama terbit.  Kita tidak sedang membicarakan Jepang, negara yang dijuluki Negeri Matahari Terbit, melainkan Kiribati, negara kepulauan di tengah Samudera Pasifik.

Pulau Milenium, juga dikenal sebagai Pulau Caroline, adalah tempat yang menerima matahari terbit pertama setiap hari hampir sepanjang tahun. Ini adalah lokasi khusus di mana fajar menyingsing sebelum tempat lain di planet ini. Melihat matahari terbit pasti menjadi pengalaman yang patut dikenang. Kiribati juga memiliki zona waktu paling awal di Bumi.

Klook.com

Kita tahu bahwa sebenarnya tidak ada matahari terbit atau terbenam yang sebenarnya. Hal ini karena Bumi berbentuk bulat  dan terus berputar. Ada rangkaian matahari terbit dan terbenam sepanjang hari. 

Namun untuk memudahkan hidup kita, ada juga yang disebut Garis Tanggal Internasional. Garis imajiner ini yang melintasi tengah Samudera Pasifik menandai berakhirnya suatu hari dan dimulainya hari berikutnya. Jalur ini melewati suatu tempat di sekitar Pulau Milenium Kiribati, sehingga kita bisa melihat matahari terbit pertama.

Kiribati terdiri dari 33 atol dan pulau karang, salah satunya adalah Pulau Milenium yang tidak berpenghuni. Bagi mereka yang cukup beruntung untuk melihat ini, pengalaman ini sungguh ajaib. 

Namun, penting juga untuk diperhatikan bahwa Bumi terus berputar. Hal ini dan sedikit kemiringan Bumi menjadi alasan mengapa perbedaan matahari terbit pertama ini tidak pernah dikaitkan dengan satu tempat tertentu di Bumi.


Banner IDwebhost

Please Select Embedded Mode To Show The Comment System.*

Lebih baru Lebih lama