Desa Ungkal Bangun Kawasan Wisata Bendungan Cipanas


Wisataohhwisata.com -  Wilayah genangan Bendungan Cipanas di beberapa desa di Kecamatan Conggeang berpotensi menjadi kawasan wisata. Wilayah tersebut diantaranya Desa Ungkal. Pemerintah Desa Ungkal sendiri mencanangkan akan membangun Desa Agrowisata dan Bumi Perkemahan di kawasan Tanah Kas Desa (TKD) seluas kurang lebih 3,5 hektare.

Kasi Pemerintahan Desa Ungkal Adi Purwadinata mengatakan, kawasan TKD Ungkal sangat strategis bila dijadikan agro wisata dan bumi perkemahan. Karena, lokasi tersebut memiliki panorama alam yang cukup memukau dan tidak jauh ke lokasi Bendungan Cipanas. "Desa Ungkal sedang mempersiapkan untuk penanaman pohon mangga di sekitar tanah TKD. Selain itu, juga membenahi lokasi bumi perkemahan. Jadi jika tanaman pohon mangga sudah besar, bisa dipastikan dikawasan ini akan rindang dan sejuk," kata Adi, Selasa (12/12/2023), dilansir sumedangkab.go.id.

Menurutnya jika rencana terwujud maka akan menarik perhatian para pengunjung. "Lokasi di sana terasa nyaman, memesona, dan bisa melihat pemandangan atau panorama alam Bendungan Cipanas," ujarnya.

Tetapi, Adi menyadari perencanaan terwujudnya agrowisata dan bumi perkemahan ini memerlukan waktu yang cukup panjang. "Sekarang penanaman pohon mangga paling tahun depan baru terlihat tegakannya. Lima tahun berikutnya baru terlihat indah dan terasa hasilnya,” katanya.

Terkait infrastruktur menuju ke desanya, Adi mengaku sangat prihatin. Karena, dari mulai ujung Desa Cacaban ke kawasan TKD kondisi jalan tampak rusak. "Tapi, jalan yang kondisinya rusak parah sekarang secara bertahap diperbaiki dengan cor beton sepanjang 110 meter x 3 meter. Sumber dananya dari DD tahap 3 tahun 2023," ungkapnya. 

Please Select Embedded Mode To Show The Comment System.*

Lebih baru Lebih lama