Daftar 5 Curug yang Bisa Dikunjungi Saat Berada di Subang


Jakarta, Wisataohhwisata -  Kabupaten Subang, Jawa Barat, merupakan salah satu kabupaten yang memiliki kekayaan alam yang luar biasa. Mulai dari air panas, kawasan perbukitan sampai wisata air terjun. Nah, berikut beberapa objek wisata air terjun di Subang yang wajib dikunjungi seperti dilansir dari laman subang.go.id

Curug Cileat 

Curug Cileat berada di Kampung Cibogo Desa Mayang Kecamatan Cisalak. Ketinggian nya diatas 100 meter berada di tebing-tebing tinggi dan berada di bawah kaki Gunung Canggah. Aksebilitas untuk menuju ke lokasi ini belum dapat di lalui oleh kendaraan, sehingga pengunjung harus berjalan kaki beberapa kilo meter. 

Adapun jarak dari Kota Subang +-37 km, ke arah selatan, jarak dari kota Bandung +-62 km, ke arah utara, jarak dari kota Jakarta +-180 km, arah selatan via Subang.

Curug Cibareubeuy 

Curug Cibareubeuy secara administratif pemerintahan termasuk Desa Cibeusi Kecamatan Ciater Kabupaten Subang Provinsi Jawa Barat. Secara wilayah pengelolaan hutan, Curug Cibareubeuy termasuk pada petak 4 RPH Gn. Karamat BKPH Cisalak KPH Bandung Utara Perum Perhutani Unit III Jawa Barat dan Banten. 

Curah hujan terbanyak antara bulan oktober-maret dan bulan kering juli-september. Keadaan topografi sebagian besar curam dan terjal dengan elepasi 1.500 m dpl. Wana wisata ini memiliki kekayaan sumber daya hayati berupa flora dan fauna serta keindahan panorama alamnya yaitu hutan sekunder yang didominasi oleh tegakan pinus (pinus markusii). 

Sesuai dengan namanya curug yang dalam bahasa sunda berarti air terjun, daya tarik utama dilokasi wisata curug Cibareubeuy ini adalah sebuah air terjun dengan ketinggian 40 m. Wisatawan dapat bermain air dan berendam di kolam kecil yang menampung cucuran air curug.

Curug Agung 

Nama lain dari Curug Agung adalah Curug Batu Kapur. Dilokasi ini ada pemandian air panas dengan temperatur sekitar 40-45 derajat celcius. Terletak di Desa Curug Agung. Kecamatan Sagalaherang, Kabupaten Subang, Provinsi Jawa Barat. 

Adapun waktu tempuh yaitu dari Subang (Via kecamatan Dawuan) sekitar 30 menit, dari Bandung (Via Sagalaherang) 90 menit. Sedangkan dari Jakarta (Via tol Sadang) sekitar 2,5 jam. 

Curug Cisanca 

Curug Cisanca merupakan salah satu pesona alam yang dimiliki oleh wilayah selatan Kabupaten Subang Jawa Barat tepatnya berada di perbatasan Kampung Rontog Desa Cibitung dan Desa Cibeusi Kecamatan Ciater.

Hanya dengan Rp. 10.000 pengunjung akan disuguhi pemandangan indah khas pedesaan dan tentunya instagramable, cocok untuk pengunjung yang suka berswafoto.

Selain itu, pengunjung juga akan dibuat takjub dengan ketinggian curug lebih dari lima meter serta fasilitas yang dimiliki seperti mushola, toilet hingga warung jajanan. Bahkan untuk yang suka camping dan rafting, Curug Cisanca juga menyediakan camping ground dan body rafting.

Curug Koleangkak 

Curug Koleangkak atau yang lebih dikenal sebagai curug biru merupakan salah satu pesona wisata curug yang ada di Kabupaten Subang. Lokasi curug biru berada di  wilayah Desa Nagrak Kecamatan Ciater tidak jauh dari pemandian air panas Sari ater yang lebih dulu dikenal oleh wisatawan lokal dan mancanegara.

 Sesuai namanya curug ini dinamakan sebagai curug biru karena pesona airnya yang tampak berwarna biru. Pepohonan sekitar curug terlihat rindang menambah kesan sejuk dan indah bagi pengunjung. Air yang mengalir sangat jernih dan segar membuat curug ini kerap dijadikan sebagai salah satu tempat wisata yang wajib dikunjungi. Kedalaman curug terhitung mencapai 1 sampai 2 meter dengan tinggi kurang lebih mencapai 6 meter.

Selain berenang, kita juga bisa mendirikan tenda atau camping disekitarnya dan dengan keindahan alam yang memanjakan mata maka otomatis curug ini menjadi tempat favorit untuk melakukan kegiatan swafoto.

Penulis: Harry P

Please Select Embedded Mode To Show The Comment System.*

Lebih baru Lebih lama