4 Objek Wisata di Purwakarta yang Tak Boleh Dilewatkan Saat Berkunjung Disana

4 Objek Wisata di Purwakarta


Jakarta, Wisataohhwisata - Purwakarta merupakan kabupaten di Provinsi Jawa Barat yang memiliki banyak objek wisata menarik.  Dengan berbagai objek wisata yang ditawarkan, Purwakarta dapat menjadi pilihan yang tepat untuk liburan keluarga maupun bersama teman-teman.

Dilansir dari disporaparbud.purwakartakab.go.id berikut  beberapa objek wisata di Purwakarta yang populer dan patut dikunjungi:

Air Mancur Sribaduga

4 Objek Wisata di Purwakarta
salsawisata.com

Bagi wisatawan yang berkunjung ke Purwakarta kurang lengkap rasanya kalau belum menyaksikan kemegahan atraksi air mancur menari di Taman Air Mancur Sribaduga. Setiap pertunjukannya selalu dinanti dan dirindukan. Ribuan wisatawan dari seluruh penjuru Nusantara sampai rela antri demi menyaksikan pertunjukan Air Mancur Sribaduga

Pertunjukan Air Mancur yang tayang rutin setiap malam minggu menjadi Primadona Destinasi Wisata di Purwakarta. Keistimewaan Air Mancur Sribaduga menyaingi Air Mancur di Ghuangzhou, China dan tidak kalah menarik dibandingkan dengan Wings of Time yang berada di negara Singapura.

Air Mancur dengan sentuhan efek cahaya hingga atraksi api diatas air menjadi sebuah pemandangan yang indah dan memukau. Selain itu Air Mancur di lengkapi dengan Tekhnologi canggih sinar laser yang bisa membentuk berbagai macam animasi yang menakjubkan.

Taman Air Mancur Sri Baduga, Lokasinya terletak di Pusat Kota Purwakarta yaitu di Kelurahan Negeri Kidul, Kecamatan Purwakarta, Kabupaten Purwakarta, Kemegahan Atraksi air mancur yang menari mengikuti alunan musik ini merupakan Air Mancur Terbesar Se-Asia Tenggara dan salah satu Destinasi Wisata kelas Dunia di Kabupaten Purwakarta.

Bale Indung Rahayu

4 Objek Wisata di Purwakarta
infopurwakarta.id

 Merupakan Museum yang memiliki arti nama “Tempat Kemuliaan Ibu”. Museum ini terletak di Jl.RE Martadinata Nagri Tengah, Kec. Purwakarta, Kabupaten Purwakarta.

Museum yang ditata dengan estetika dan teknologi digital tersebut menceritakan perjalanan hidup manusia dari mulai dalam kandungan sampai akhir hayat, dan menjelaskan peran seorang ibu yang penuh pengorbanan merawat anak dengan sentuhan budaya Sunda.

Di dalam ruangan tersebut terdapat banyak kisah. Dimulai dengan cerita dengan ungkapan Sunda yang sering mengiringi seorang ibu ketika hamil dan melahirkan.

Selain itu didalam ruangan ini pun berisi beberapa permainan anak khas Sunda tempo dulu. Bentuknya berupa lukisan, foto, hingga beberapa bentuk fisik yang bisa dimainkan, seperti congklak. Namun, ada pula beberapa jenis mainan yang hanya dipajang dan tidak boleh dimainkan.

Selanjutnya terdapat ruangan yang menggambarkan bahwa Tanah Sunda identik dengan hutan dan alam yang harus dijaga.

Memasuki ruangan berikutnya terdapat miniatur rumah adat sunda,gambar pakaian adat sunda, dipajang alat musik tradisional khas sunda, peralatan dapur tradisional khas sunda dan juga dipajang makanan tradisional khas sunda semuanya ditata dengan estetika yang ditunjang dengan teknologi digital.

Bale Panyawangan Diorama Nusantara

4 Objek Wisata di Purwakarta
marjayatrans.com

Bale Panyawangan Diorama Nusantara merupakan museum sejarah nusantara yang terletak di Jl. K.K Singawinata, Nagri Tengah, Kec. Purwakarta, Kabupaten Purwakarta. Letaknya cukup strategis, berada di pusat kota sangat dekat dengan Stasiun Purwakarta.

Belajar sejarah di Bale Panyawangan Diorama Nusantara dijamin tidak akan membosankan karena materi sejarah dikemas dengan menggunakan teknologi digital. Bale Panyawangan ini sebagai tempat wisata sekaligus belajar lebih tepatnya wisata edukasi, teknologi digital dimanfaatkan sebagai media belajar sejarah nusantara.

Bale Panyawangan Diorama Nusantara berisi sejarah Nusantara mulai dari zaman prasejarah, kerajaan, penjajahan, kemerdekaan, hingga situasi sejarah masa kini disajikan dengan berbagai media digital seperti video mapping, layar sentuh, buku digital dan buku bercerita, hingga jalan-jalan melalui media virtual menggunakan kereta kencana.

Galeri Wayang

4 Objek Wisata di Purwakarta
pariwisata.purwakartakab.go.id

Bagi Para Wisatawan yang ingin mendapatkan berbagai informasi mengenai sejarah wayang nusantara di Purwakarta ada tempat yang tepat yaitu Galeri Wayang, Lokasinya terletak di dalam komplek Pemda Purwakarta, Jl. Gandanegara No.25, Nagri Kidul, Kecamatan Purwakarta, Kabupaten Purwakarta.

Galeri Wayang dibagi menjadi dua ruangan. Pada ruangan pertama menceritakan kisah atau sejarah Pewayangan Nusantara. Selain itu juga terdapat relief-relief yang menggambarkan kisah Ramayana dan Mahabrata.

Pada ruangan kedua, terdapat koleksi-koleksi wayang yang dapat dimainkan oleh para pengunjung. Ratusan wayang mulai dari wayang kulit, wayang golek, hingga topeng untuk wayang orang tersedia di Galeri Wayang.

Selain itu juga tersedia wayang dari berbagai daerah di Nusantara diantaranya, Wayang Betawi, Wayang Cepak Cirebon, Wayang Suket atau wayang yang terbuat dari ilalang, Wayang Klitik Surabaya yang merupakan perpaduan antara wayang kayu dan kulit.

Penulis: Harry P


Please Select Embedded Mode To Show The Comment System.*

Lebih baru Lebih lama