Curug Kedondong yang Bikin Segar

 

 perhutani.co.id

Jakarta, Wisataohhwisata - Indah dan segarnya air pegunungan wisata Alam Perhutani Curug Kedondong Kebumen, salah satu wisata dalam kawasan Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Kedu Selatan, Selasa (18/04).

Curug Kedondong berada dalam di kawasan hutan pinus Perhutani, secara administratif masuk wilayah desa Gunung Sari kecamatan Karanggayam kabupaten Kebumen.

Administratur Perum Perhutani KPH Kedu Selatan Usep Rustandi melalui Kepala Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Karang Anyar, Rusman menyampaikan Curug dengan suasana alam dan air yang jernih ini berada dalam petak hutan 157 Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Pagebangan BKPH Karanganyar KPH Kedu Selatan. 

“Selama ini dikerjasamakan dengan Lembaga Masyarakat Desa Hutan Rimba Sejahtera dan kelompok Sadar wisata desa Gunung Sari kecamatan Karanggayam kabupaten Kebumen,” jelasnya dilansir laman perhutani.co.id.

Maksud dan tujuan diadakan kerjasama pengelolaan wisata alam ini adalah memberikan kesempatan kepada Masyarakat Desa Hutan (MDH) untuk ikut berperan dalam pengelolan hutan. Diharapkan dengan kerjasama ini MDH mendapat lapangan pekerjaan, serta memberikan manfaat ekonomi bagi semua pihak yang terlibat dalam pengelolaan. 

Lebih lanjut Rusman juga berpesan agar dalam pengelolaan wisata tetap memperhatikan kaidah -kaidah yang tertera dalam Perjanjian Kerjasama diantaranya tidak mengubah bentang alam serta tetap menjaga kelestarian hutan serta flora dan fauna yang ada didalamya.

Ali salah satu pengelola Curug Kedondong LMDH Rimba Sejahtera menyampaikan apresiasi kepada Perum Perhutani yang telah memberikan kesempatan kepada pihaknya untuk mengelola wisata dalam kawasan hutan. 

“Kami terus berbenah agar Curug Kedondong semakin diminati wisatawan. Adapun fasilitas yang telah kami miliki antara lain mushola, toilet, kolam renang, saung, kedai serta taman-taman. Curug dengan air yang mengalir merayap diatas batu andesit ini memiliki ketinggian kurang lebih 23 meter. Sedangkan tiket masuk hanya Rp 5000,- saja, jam operasional dari pukul 07.30 wib sampai dengan pukul 17.00 wib,” jelas Ali.

Penulis: Harry P

Please Select Embedded Mode To Show The Comment System.*

Lebih baru Lebih lama