Senin, 22 Oktober 2012

3 Gong Perdamaian Dunia di 3 Kota Indonesia


Seperti halnya Monumen Jenderal Sudirman yang ada di beberapa kota di Indonesia, gong perdamaian  pun demikian. Gong perdamaian tidak hanya ada di kota Ambon saja, tetapi juga ditemukan di dua kota di Indonesia yang mempunyai gong yang serupa. Dengan bentuknya yang tentu saja bundar dan berwarna keemasan, di sekeliling gong dihiasi oleh bendera dari negara-negara di seluruh dunia. Gong perdamaian itu dapat dijumpai di Ambon, Ciamis dan Yogyakarta.


1.Gong Perdamaian di Ambon
Gong ini merupakan Gong Perdamaian ke-35 di dunia yang berada di Taman Pelita, dekat di pusat kota Ambon. Gong megah dan besar ini dibangun di kota Ambon tujuannya ingin memperbaiki citra Ambon yang dulu pernah identik dengan kerusuhan dan kekerasan. 

Taman yang diresmikan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada tanggal 25 November 2009 ini selalu dikunjungi para pelancong atau masyarakat Ambon pada akhir pekan. Untuk bisa masuk ke wilayah gong ini, Anda cukup merogoh kocek sekitar Rp 5.000.

Gong Perdamaian Dunia memiliki diameter seluas dua meter dan berwarna keemasan. Selain dipenuhi dengan gambar bendera dari tiap negara, yang berjumlah sekitar 200 bendera, juga terdapat simbol tiap agama di dalam lingkarannya. Di tengahnya juga terdapat miniatur bumi dan bertuliskan 'Gong Perdamaian Dunia' pada bagian bawah, serta 'World Peace Gong' pada bagian atas lingkarannya.

Dengan disangga dua pilar raksasa, di atas gong ini juga terdapat lambang Pancasila sebagai ideologi bangsa Indonesia. Tak sedikit traveler berkunjung ke tempat ini untuk berfoto dan melihat kemegahan Gong Perdamaian Dunia dari dekat.

2. Gong Perdamaian di Ciamis
 Tidak hanya di Ambon saja, Jawa Barat juga mempunyai Gong Perdamaian Dunia. Gong Perdamaian Dunia tersebut berdiri megah di Ciamis dan dekat dengan objek wisata Karangkamulyan.

Seperti Gong Perdamaian Dunia di Ambon, gong di Ciamis ini juga menjadi simbol tentang perdamaian di alam semesta ini. Bentuknya pun sama dan dihiasi oleh gambar-gambar bendera dari tiap negara menghiasi gong tersebut dan simbol-simbol dari setiap kepercayaan dan agama manusia.

Persisnya letak gong perdamaian dunia ini tepat berada di belakang musala di depan pintu masuk objek wisata Karangkamulyan. Di belakang gong yang berdiri sejak 9 Spetember 2009 ini terdapat pepohonan yang lebat dan rindang. Di depan gong terdapat kolam yang cukup panjang. 

Gong di tempat ini memiliki diameter 3,33 meter yang terbuat dari bahan perunggu dan plat besi. Memang, gong ini menjadi simbol perdamaian bagi setiap bangsa yang ada di dunia ini. Kurang lebih, terdapat 200 gambar bendera dari tiap negara ada di gong tersebut.

Untuk melihat Gong Perdamaian Dunia tersebut, Anda tidak dikenakan biaya apa pun. Anda bebas berfoto dan bergaya sepuasnya di dekat gongnya. Tentu, gong ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung.

3. Gong Perdamaian di Yogyakarta
Selain di Ciamis dan Ambon, Gong perdamaian Nusantara juga ada di kota pelajar Yogyakarta. Malahan gong perdamaian di kota ini adalah yang kali pertamanya dipasang  pada saat satu abad kebangkitan nasional tanggal 20 Mei 2008 dan diresmikan oleh Sultan Hamengkubuwono X beserta Presiden Komite Perdamaian Dunia, Djuyoto Suntani.

Gong perdamaian di Yogyakarta, mempunyai bentuk lingkaran luar gong ini menampilkan logo kabupaten atau kota seluruh Indonesia. Lingkaran Tengah menampilkan logo 33 provinsi dan pada lingkaran dalam terdapat tulisan "Gong Perdamaian Nusantara" sebagai identitas dari komunitas gerakan damai. Ada sepasang bunga di kiri-kanan sebagai simbol keseimbangan kehidupan yang indah dan damai, lengkap dengan tulisan "Sarana Persaudaraan dan Pemersatu Bangsa".

Lingkaran inti menampilkan simbol lima agama, yaitu Islam, Kristen & Protestan, Katolik, Hindu, Budha dan Khonghuchu, yang secara resmi diakui dan dianut masyarakat di Indonesia. Pada lingkaran puncak terdapat Peta NKRI sebagai simbol bentangan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berada di puncak peradaban bangsa tertinggi. (berbagai sumber)

9 comments:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...