Selasa, 10 April 2012

Sri Gethuk, Air Terjun Pusatnya Para Jin

Posted by Harry Prasetyo at 02.03
Mau pergi ke tempatnya para jin berkumpul sekaligus menikmati pemandangan alam. Ada satu destinasi yang menarik di daerah Gunung Kidul, Yogyakarta. Ya, nama destinasinya adalah Air Terjun Sri Gethuk, dilihat dari namanya sih seperti  percampuran antara nama wanita dengan makanan. Eh ternyata bukan,   nama air terjunnya itu ternyata terinspirasi dari cerita legenda yang berkembang di wilayah air terjun.

            Alkisah,  konon dari legenda yang berkambang di sekitaran wilayah air Terjun, daerah itu  merupakan tempat atau pusatnya para jin atau makhluk halus berkumpul yang dipimpin oleh Jin yang bernama Anggo Menduro.  Tentu kita manusia tidak bisa melihatnya kecuali mereka yang mempunyai keahlian khusus.
sri gethuk
foto: www.travel.detik.com
         Nah,tanpa dinyana sang ketua jin ini  sangat menyukai segala macam kesenian, dari  dramben sampai  gamelan. Di saat tertentu di Air Terjun juga sering terdengar sura gamelan atau suara kerawitan atau disebut hanya merupakan pandulon yang menyuarakan gamelan atau dengan bahasa Jawa disebut pandulon yang suara tersebut kalau di dengarkan di lokasi Padukuhan Menggoran dan sekitarnya suara tersebut berasal dari lokasi air terjun. Wah jadi teringat dengan misteri di Curug Penganten Bandung ini yang juga terkadang mengeluarkan bunyi gamelan.

Tapi anehnya, kalau didekati suara itu akan hilang, suara tersebut adalah suara dramben dengan suara yang sangat dominan yaitu suara slompret,  maka tempat tersebut di kenal sebagai sebutan Slompret atau kemudian di sebut Slempret.  Air terjun Sri Gethuk juga dikenal dengan nama Air Terjun Slempret karena lokasi air terjun tersebut bertempat di lokasi Blok Slempret. 

Nah, dalam cerita legenda Gamelan ini anehnya  juga dapat dipinjam oleh manusia yang mempunyai kemampuan lebih dan juga dapat di manfaatkan untuk tabuan selayaknya gamelan biasa yang dapat kasat mata.

Masih dalam cerita yang sama, di lokasi Slempret ini raja jin Anggo Mendoro menyimpan alat musiknya di beberapa tempat di antaranya di lokasi Mergangsan dan juga Srikethuk. Mergangsan ini berada di sebelah bawah lokasi Sungai Oyo, tempat tersebut disebut Mergangsan karena dipergunakan sebagai tempat menyimpan gongso atau gamelan. 

Dan Sri Kethuk yang berada di lokasi air terjun,  di sebut Sri kethuk ini karena dipergunakan oleh Jin Anggo Menduro sebagai tempat penyimpanan salah satu instrumen gamelan dengan nama Kethuk. Hingga akhirnya menjelmalah nama air terjun itu menjadi Sri Gethuk. Anda mau kesana, coba cek saja ke wisata.kompasiana.com

4 comments:

 

Jejak Cerita Wisata Copyright © 2012 Design by Antonia Sundrani Vinte e poucos