Misteri Pulau Gaiola di Italia yang Terkutuk, Pemiliknya Tidak Ada yang Hidup

Wisataohhwisata Terletak di barat daya Italia di Teluk Napoli, Pulau Gaiola menawarkan perairan biru surgawi, menghadirkan penampilan yang masih asli. 

Namun, berpegang pada pepatah “Jangan menilai buku dari sampulnya” sangat tepat dalam kasus ini.  Meski memiliki keindahan yang menawan, pulau ini menyimpan rahasia kelam dan terkutuk. 

Menurut legenda urban, mereka yang menjadi pemilik pulau tersebut pasti akan mengalami kemalangan. Reputasi ini berasal dari serangkaian kesulitan dan kematian dini yang berulang dalam keluarga pemiliknya selama abad ke-20. 

Pemilik pertama, Luigi Negri, yang membeli pulau itu pada akhir tahun 1800-an dan membangun sebuah vila di sana, segera menghadapi kehancuran finansial setelahnya. 

Pada tahun 1911, Gaspare Albenga, seorang kapten kapal yang tertarik untuk membeli pulau tersebut, meninggal secara tragis dalam kecelakaan kapal. 

Pemilik pulau berikutnya, pria Swiss Hans Braun, membelinya pada tahun 1920-an tetapi meninggal sebelum waktunya, ditemukan tewas dan terbungkus karpet. Istrinya juga meninggal karena tenggelam. 

Pola tersebut berlanjut dengan Otto Grunback, pemilik berikutnya, yang menderita serangan jantung fatal saat tinggal di vila pulau tersebut. 

Maurice-Yves Sandoz, seorang industrialis farmasi, mengambil alih tetapi mengakhiri hidupnya sendiri di rumah sakit jiwa di Swiss pada tahun 1958. 

Industrialis baja Jerman Baron Karl Paul Langheim menghadapi masalah keuangan, yang menyebabkan pulau tersebut dijual kepada Gianni Agnelli, pemilik Fiat Automobiles. Tragedi mengikuti Agnelli, termasuk kematian saudaranya Umberto karena kanker langka pada tahun 1997. 

Tokoh bisnis Amerika J. Paul Getty membeli pulau itu berikutnya, dan keluarganya mengalami serangkaian kemalangan. Putra bungsunya meninggal karena tumor otak, putra sulungnya meninggal karena bunuh diri, dan istri keduanya Talitha meninggal karena overdosis obat di Roma. Pada tahun 1973, keponakan Getty diculik oleh mafia Italia, dan sejumlah besar uang tebusan dibayarkan untuk pembebasannya. 

Pemilik swasta terakhir di pulau itu, Gianpasquale Grappone, seorang pemilik perusahaan asuransi, menghadapi kesulitan pribadi. Dia dipenjara karena hutangnya yang belum dibayar, dan istrinya meninggal dalam kecelakaan mobil. 

Keadaan pulau terkutuk saat ini 

Pada tahun 1978, Pulau Gaiola berada di bawah yurisdiksi pemerintah Italia. 

Terletak di dekat Taman Bawah Air Gaiola (Parco Sommerso di Gaiola), cagar laut seluas 100 hektar yang digunakan untuk penelitian dan pendidikan lingkungan. 

Saat ini, pulau tersebut dimiliki oleh pemerintah wilayah Campania, yang berfungsi sebagai kawasan lindung dalam lingkupnya. 

Please Select Embedded Mode To Show The Comment System.*

Lebih baru Lebih lama