Peran Perempuan Bali dan Bugis dalam Membangun Citra Pariwisata Indonesia

iainpare.ac.id

Wisataohhwisata.com -Dalam Annual International Conference on Islamic Studies (AICIS) ke-23 yang digelar di UIN Walisongo Semarang, Jawa Tengah, Dosen Pariwisata Syariah IAIN Parepare, Adhitya P. Putra, mengambil peran sebagai presenter dengan membahas peran penting perempuan Bali dan Bugis dalam medan pertempuran citra pariwisata Indonesia.

Dengan judul presentasinya, "Perempuan di Indonesia: Menggali Peran Perempuan Bali dan Perempuan Bugis dalam Medan Pertempuran Citra Pariwisata," Putra membuka wawasan terkait kontribusi luar biasa perempuan dari dua budaya berbeda ini terhadap citra pariwisata Indonesia.

Menyoroti peran sentral perempuan Bali, Putra menyampaikan bahwa mereka bukan hanya pemelihara tradisi lokal, tetapi juga menjadi agen vital dalam mempromosikan pariwisata dan keindahan alam pulau tersebut. 

Lihat JugaEksplorasi destinasi dan hotel dengan harga terbaik

Dengan seni pertunjukan tari, musik, wayang, dan drama, perempuan Bali menciptakan daya tarik unik bagi para wisatawan, menjadikan mereka bukan hanya objek tetapi subjek utama dalam mengarahkan arah pariwisata Indonesia.

Sementara itu, perempuan Bugis, menurut Putra, memainkan peran kuat dalam mengelola sektor pariwisata. Contohnya, Andi Sitti Nurhani Sappada, yang berperan sebagai pelaku, pencipta, dan pengelola seni tari, serta sebagai penjaga nilai-nilai tradisional dan kearifan lokal Bugis. Keuletan dan semangat inovatif perempuan Bugis turut membentuk dan memperkaya citra pariwisata Indonesia, baik melalui pementasan tari untuk tamu negara maupun promosi pariwisat di luar negeri.

"Mereka bukan hanya penerima manfaat, tetapi juga pencipta dan pengelola citra pariwisata yang menggambarkan keberagaman dan kekayaan budaya Indonesia," ungkap Putra dalam presentasinya.

Dengan membawa topik ini ke panggung, Adhitya P. Putra berharap agar masyarakat lebih menghargai peran perempuan dalam menjaga dan mempromosikan keunikan budaya Indonesia. 

Lihat Juga: Penginapan impian diskon 25%+ / 25% or more off your dream stay

Presentasinya juga memberikan sorotan penting terhadap kontribusi perempuan Bali dan Bugis dalam medan pertempuran citra pariwisata yang tidak hanya membangun daya tarik wisata, tetapi juga memperkuat identitas budaya Indonesia secara keseluruhan.

Banner IDwebhost

Please Select Embedded Mode To Show The Comment System.*

Lebih baru Lebih lama