Pemkab Banyuwangi Sabet Dua Penghargaan Bergengsi di Bidang Budaya dan Pariwisata


Wisataohhwisata.com Pemerintah Kabupaten Banyuwangi kembali meraih prestasi gemilang di bidang budaya dan pariwisata. Penghargaan ini diberikan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur, dengan dua penghargaan sekaligus. Penghargaan pertama diberikan kepada Kepala Daerah Pendukung Kebudayaan Terbaik, sedangkan penghargaan kedua diberikan atas terpilihnya Festival Gandrung Sewu dan Banyuwangi Ethno Carnival (BEC) dalam ajang Karisma Event Nusantara (KEN) 2024.

Penghargaan tersebut secara resmi diserahkan oleh Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, kepada Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Mujiono, yang mewakili Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestandani. Acara penyerahan penghargaan dilaksanakan dalam kegiatan Sapa Insan Budaya dan Pariwisata Jatim di Gedung Graha Wisata Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jawa Timur, Surabaya, pada Rabu malam (7/2/2024).

Lihat Juga: Penginapan impian diskon 25%+ / 25% or more off your dream stay

Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani, menyampaikan rasa terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Jawa Timur atas apresiasi yang diberikan terhadap Banyuwangi dalam upaya melestarikan dan mengembangkan budaya serta pariwisata daerah. Beliau mengungkapkan bahwa Pemkab Banyuwangi terus berkomitmen untuk melestarikan dan mengembangkan seni dan budaya lokal melalui berbagai event, regenerasi, dan menjadikannya sebagai kekuatan utama dalam mengangkat pariwisata daerah.

"Festival Gandrung Sewu dan Banyuwangi Ethno Carnival, yang sudah masuk dalam agenda Karisma Event Nusantara sejak tahun 2023, berawal dari upaya untuk melestarikan dan mengenalkan seni budaya lokal pada publik luas. Kami bersyukur upaya tersebut berbuah positif," ungkap Bupati Ipuk.

Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Mujiono menambahkan bahwa kedua penghargaan tersebut diberikan kepada kepala daerah yang peduli pada kearifan lokal, khususnya pada pelaku seni dan budaya di Jawa Timur. Bupati Banyuwangi dinilai memiliki komitmen dan konsistensi dalam pelestarian seni dan budaya di Bumi Blambangan.

"Penghargaan sebagai Kepala Daerah Pendukung Kebudayaan Terbaik diberikan lantaran Bupati dinilai memiliki komitmen dan konsisten pada pelestarian seni dan budaya di Bumi Blambangan. Salah satunya memberikan wadah aktualisasi dan regenerasi melalui agenda Banyuwangi Festival yang mengakomodir banyak event seni budaya serta melibatkan generasi muda sebagai talent-talent baru," jelas Mujiono.

Lihat JugaEksplorasi destinasi Anda dan temukan hotel dengan harga terbaik

Gandrung Sewu dan BEC, selain masuk KEN 2024, juga mendapat poin plus dari Pemprov Jatim. Kedua event ini tidak hanya menumbuhkan kebanggaan masyarakat terhadap seni-budaya daerah, tetapi juga memberikan dampak positif kepada peserta, keluarga, dan masyarakat pada umumnya. Keberhasilan ini semakin memperkuat posisi Banyuwangi sebagai destinasi pariwisata yang unik dan beragam di Jawa Timur.

Banner IDwebhost

Please Select Embedded Mode To Show The Comment System.*

Lebih baru Lebih lama