Kabupaten Buleleng Perkuat Keamanan Pariwisata dengan Satpol PP Khusus

bulelengkab.go.id/

Wisataohhwisata - Kabupaten Buleleng, Bali, kini semakin fokus pada keamanan dan ketertiban industri pariwisata dengan pembentukan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Pariwisata. Satpol PP Pariwisata ini memiliki kewenangan di seluruh Destinasi Tujuan Wisata (DTW) yang tersebar di Kabupaten Buleleng.

Kepala Satpol PP Kabupaten Buleleng, I Gede Arya Suardana, menyatakan bahwa tugas dan wewenang Satpol PP Pariwisata berbeda dengan Polisi Pariwisata. Sementara Polisi Pariwisata menangani kasus pidana di wilayah pariwisata, Satpol PP Pariwisata bertanggung jawab untuk menegakkan peraturan daerah (Perda). Suardana menjelaskan bahwa fokus utama Satpol PP Pariwisata adalah pada keamanan dan ketertiban umum, termasuk penanganan pelanggaran seperti polusi suara, gelandangan dan pengemis, pedagang liar, dan sejenisnya.

"Pelanggaran pidana seperti pencurian, perampokan, kan masuk ranah pidana, maka kami lebih ke penegakan Perda yang utamanya pada segi keamanan dan ketertiban umum," ungkap Suardana.

Selain itu, Satpol PP Pariwisata juga akan berperan dalam mengatur para pelaku pariwisata untuk berkontribusi terhadap daerah melalui pembayaran pajak daerah dan perizinan. Hal ini diharapkan dapat mengoptimalkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) melalui ketertiban dalam pembayaran pajak dan perizinan oleh pelaku pariwisata.

Suardana juga menekankan peran Satpol PP Pariwisata dalam memberikan sosialisasi kepada wisatawan mancanegara terkait norma dan budaya lokal. Hal ini diharapkan dapat mencegah tindakan yang dianggap tidak menghormati budaya lokal, terutama di tempat-tempat suci di Kabupaten Buleleng.

Satpol PP Pariwisata Kabupaten Buleleng saat ini terdiri dari 12 personel yang terbagi menjadi 2 regu, dilengkapi dengan 2 unit mobil untuk melaksanakan patroli. Mereka akan mengenakan baju seragam khusus dan emblem mengikuti standar Satpol PP Pariwisata Provinsi Bali. Meskipun saat ini personel berasal dari internal pegawai Satpol PP Kabupaten Buleleng, namun tidak menutup kemungkinan akan dilakukan perekrutan khusus untuk memperkuat Satpol PP Pariwisata ini.


Please Select Embedded Mode To Show The Comment System.*

Lebih baru Lebih lama