Hal-hal yang Perlu Diingat Saat Traveling di Musim Hujan

Kaique Rocha / Pexels.com

Wisataohhwisata.com  -    Bepergian saat musim hujan memang sangat menyenangkan. Cuaca yang menyenangkan dan lingkungan hijau subur membuat perjalanan menjadi menyenangkan.

Musim hujan sangat menyenangkan bagi semua orang. Cuaca yang tidak terlalu panas atau terlalu dingin menjadikannya sempurna untuk bepergian dan menjelajahi tempat-tempat baru. Aroma tanah dan rerumputan yang lembap, suara hujan yang mengguyur bumi, dan secangkir teh panas adalah sesuatu yang kita semua suka saat hujan. 

Namun, tanpa perencanaan dan persiapan yang tepat, ini bisa menjadi salah satu pengalaman perjalanan terburuk. 

Berikut tips untuk menjadikan perjalanan musim hujan Anda indah.

1. Memilih tujuan

Jika Anda akan melakukan perjalanan darat, pastikan memilih tujuan yang aman untuk bepergian. Periksa rute terlebih dahulu karena seringnya hujan yang menyapu jalan dapat membuat Anda terjebak selama berjam-jam. Hindari bepergian pada malam hari dan melewati jalan yang kasar dan bergelombang. Hindari pergi ke daerah perbukitan karena tanah longsor, banjir dan tanah longsor sering terjadi di daerah dataran tinggi selama musim hujan. Lakukan riset yang tepat sebelum memilih tujuan.

2. Pastikan membawa pakaian ekstra

Bawalah pakaian dan handuk tambahan untuk seluruh anggota keluarga agar Anda dapat menggantinya saat basah. Bawalah lebih banyak kain sintetis yang mudah kering dan ringan. Siapkan beberapa pakaian hangat di ransel Anda yang dapat mencegah Anda sakit.

3. Bawalah makanan dan botol air sendiri

Klook.com

Musim hujan menimbulkan banyak penyakit yang ditularkan melalui air, oleh karena itu, hindari makan makanan di pinggir jalan atau minum dari tempat umum. Makanan yang tidak higienis dapat menimbulkan penyakit seperti keracunan makanan, diare, dan sakit perut. Bawalah makanan ringan atau makanan siap saji. Buah-buahan selalu menjadi pilihan yang baik untuk dimasukkan ke dalam menu Anda saat bepergian. Pastikan untuk membawa air kemasan dan akan lebih baik lagi jika bisa direbus sebelum diminum.

4. Bawalah tas tahan air

Bawalah tas tahan air untuk menjaga barang-barang Anda tetap aman. Jika Anda tidak memiliki tas travel tahan air, dapatkan penutup tahan air untuk bagasi Anda. Siapa yang tidak suka mengambil gambar bagus saat bepergian? Ponsel atau kamera Anda rusak adalah hal terakhir yang Anda inginkan saat bepergian, oleh karena itu pastikan Anda membawa penutup transparan, kedap udara, dan tahan air untuk menjaga keamanan perangkat elektronik Anda.

5. Tindakan pencegahan ekstra saat mengklik gambar

Mengklik gambar saat hujan bisa sangat mengasyikkan, tetapi sering kali air terjun penuh dengan air dan hujan menyebabkan situasi seperti banjir di banyak daerah. Dalam situasi seperti ini, seringkali orang sering mendekati mereka untuk mengambil foto selfie atau foto, yang terkadang menjadi penyebab terjadinya kecelakaan esar. Ekstra waspada dan hati-hati saat mengklik gambar. Hindari pergi ke area berisiko demi mengklik gambar.

6. Bawalah kotak medis

Musim hujan menimbulkan banyak penyakit. Pastikan Anda memiliki kotak P3K medis mini untuk melindungi Anda dari penyakit atau infeksi umum saat Anda bepergian. Seharusnya ada obat nyamuk atau pengusir nyamuk. Bawalah beberapa obat untuk flu biasa, demam, flu, dll. Selain itu, Anda juga dapat memiliki termometer, obat pereda nyeri, pembersih tangan, dan perban di perlengkapan medis Anda untuk tindakan pencegahan.

7. Hal-hal penting di musim hujan

Hujan tidak dapat diprediksi. Hujan yang turun secara tiba-tiba dapat membuat Anda basah kuyup, oleh karena itu pastikan Anda memiliki payung besar yang ringan dan jas hujan yang dapat menutupi Anda dengan baik dan melindungi dari basah kuyup saat hujan. 

Banner IDwebhost

Please Select Embedded Mode To Show The Comment System.*

Lebih baru Lebih lama