Daftar Tabrakan Landasan Pacu Paling Mematikan Di Dunia


Wisataohhwisata.com  -   Sebelum kecelakaan di landas pacu antara  Japan Airlines A350 yang bertabrakan dengan DHC8 Penjaga Pantai Jepang di Bandara Haneda, setidaknya ada lima tabrakan landasan pacu besar sejak tahun 1977 yang telah merenggut 778 nyawa. 

Kecelakaan pesawat paling mematikan dan terburuk di dunia terjadi pada tahun 1977 di Tenerife antara dua Boeing 747 dan merenggut 583 nyawa.

Berikut daftarnya dari Aviation-safety.net

1977

 KLM 747 yang lepas landas dalam kabut di Bandara Los Rodeos di Tenerife, menabrak sebuah Pan Am 747 yang belum melewati landasan pacu sehingga terjadi kekacauan yang mengerikan antara pilot dan ATC. Kapten KLM berasumsi Pan AM 747 telah meninggalkan landasan pacu dan sedang terburu-buru untuk berangkat setelah penundaan yang lama akibat serangan teroris di bandara tujuan Las Palmas. 

Kemungkinan penyebabnya adalah: Pesawat KLM lepas landas tanpa izin lepas landas, dengan keyakinan mutlak bahwa izin tersebut telah diperoleh, akibat kesalahpahaman antara menara dan pesawat KLM. Sebanyak 583 penumpang dan awak tewas dan hanya 61 yang selamat. Mereka yang selamat berasal dari bagian depan Pan Am 747.

1983

 Aviaco DC-9 EC-CGS meluncur untuk lepas landas dalam kabut tebal untuk penerbangan ke Santander. Pesawat secara tidak sengaja meluncur ke landasan aktif 01. Pada saat itu sebuah Boeing 727 Iberia sedang lepas landas dan hampir lepas landas ketika kru melihat DC-9 di depan mereka. Mereka tidak berhasil mengambil tindakan mengelak; Sayap kiri dan gigi utama kiri 727 robek akibat tabrakan tersebut. Kedua pesawat terbakar dan terbakar. Sebanyak 42 penumpang dan awak tewas di DC-9.

1991

Dalam kecelakaan yang tragis, pendaratan USAir 737 di landasan pacu 24L bertabrakan dengan SkyWest Metro II yang dijajarkan dan disuruh berhenti di landasan pacu 24L. Tepat setelah instruksi untuk memegang pengontrol menjadi sibuk menyelesaikan masalah dengan pilot pesawat lain. Tiga puluh empat penumpang dan awak tewas.

2001

Sebuah SAS MD87 yang membawa 110 penumpang dan awak lepas landas dari Bandara Milano-Linate dalam kabut tebal ketika bertabrakan dengan jet eksekutif Cessna Citation, dengan empat penumpang dan awak, yang memasuki landasan pacu. Sayangnya semuanya tewas.

2024

Sebuah Japan Airlines A350 bertabrakan dengan DHC8 Penjaga Pantai Jepang di Bandara Haneda menewaskan lima orang di dalam DHC8. Investigasi masih tertunda tetapi tampaknya pesawat DHC8 berada di landasan tanpa izin.

Banner IDwebhost

Please Select Embedded Mode To Show The Comment System.*

Lebih baru Lebih lama