Suka Pantai? Jalan-jalan Yuk ke 4 Pantai yang Ada di Kulon Progo ini

 Jakarta, Wisataohhwisata.com -  Kulon Progo, Yogyakarta, merupakan salah satu kabupaten di Indonesia yang memiliki banyak objek wisata menarik. Termasuk wisata pantainya, Kulon ini Progo terkenal dengan keindahan pantainya. Berikut adalah beberapa pantai yang populer di Kulon Progo seperti dilansir dari dinpar.kulonprogokab.go.id

Pantai Mlarangan Asri

4 Pantai yang Ada di Kulon Progo
visitingjogja.jogjaprov.go.id

Pantai Mlarangan Asri terletak di Kalurahan Pleret, Kapanewon Panjatan. Pantai ini terletak kurang lebih 20 menit dari pusat kota Wates. Pantai Mlarangan Asri adalah pantai yang masih alami, belum banyak  bangunan yang menghalangi pemnadangan dari keindahan menyaksikan ombak pantai. Pantai ini juga merupakan favorit untuk orang memancing ikan. 

 Pantai Bidara

4 Pantai yang Ada di Kulon Progo
dinpar.kulonprogokab.go.id/

Pantai Bidara terletak di Kalurahan Bugel, Kapanewon Panjatan. Pantai yang baru dibuka awal tahun 2021 ini dipercaya mempunyai sumbu imaginer dengan Monumen Nyi Ageng Serang, Kantor Bupati Kulon Progo dan dataran tertinggi di Kabupaten Kulon Progo yaitu Puncak Suroloyo.

Pantai ini diyakini merupakan tempat bertapa Sultan Hamengkubuwono IX semasa hidupnya. Nuansa yang masih alami membuat pantai ini sangat cocok untuk menikmati sunset.

Pantai Trisik

4 Pantai yang Ada di Kulon Progo
visitingjogja.jogjaprov.go.id/

Pantai Trisik dengan suasana pedesaan pesisir yang khas merupakan tempat yang cocok untuk menikmati sunset dan sunrise. Tak hanya menawarkan keindahan panorama pantai, aktivitas nelayan juga bisa dinikmati sebagai daya tarik wisata alternatif. Pantai Trisik juga merupakan pusat konservasi penyu di Kabupaten Kulon Progo yang dapat dijadikan sebagai wahana wisataedukasi.

Pantai Congot

4 Pantai yang Ada di Kulon Progo
gemasulawesi.com

Pantai Congot membentang luas sepanjang 6,5 Km di Desa Jangkaran, Temon, Kulon Progo di sebelah barat Pantai Glagah atau 15 Km dari Wates. Sungai Bogowonto yang membatasi Purworejo dan Kulon Progo bermuara di Pantai Congot sehingga sangat cocok untuk kegiatan memancing. Pantai Congot adalah tempat melaut sekaligus pendaratan perahu nelayan.

Sama seperti Pantai Glagah dan Pantai Trisik, Pantai Congot juga membentang luas dengan pasir hitam yang berasal dari gunung api. Pasir hitam terbawa sampai di laut oleh Sungai Progo di bagian timur (dekat Pantai Trisik) dan Sungai Bogowonto. Di sebelah barat Sungai Bogowonto terdapat dusun Kadilangu dan Pasir Mendit yang masih menjadi bagian Kulon Progo. 

Tidak jauh dari Pantai Congot terdapat tempat ritual Gunung Lanang dan Gunung Wadon dimana setiap Malam 1 Suro diadakan upacara ruwatan di situs petilasan Gunung Lanang yang dilanjutkan larung pada pagi harinya di Pantai Congot. 

Penulis: Harry P

Please Select Embedded Mode To Show The Comment System.*

Lebih baru Lebih lama