Dari Bisa Buat Selancar Sampai yang Warnanya Pink, Berikut 7 Objek Wisata Pantai di Sumatera Utara


Jakarta, Wisataohhwisata -  Sumatera Utara tak dipungkiri memiliki potensi objek wisata yang sangat besar, baik dari segi alam, budaya, maupun sejarah.  Untuk wisata alamnya, wilayah ini  banyak sekali jumlahnya termasuk juga untuk wisata alam berupa pantai. Berikut 7 objek wisata pantai unggulan di Sumatera Utara dilansir dari sumutprov.go.id

Pulau Unggeh

Pulau Unggeh yang ada di pantai barat pulau sumatera, tepatnya di kabupaten di desa sitardas kabupaten tapanuli tengah. Pulau yang diberi nama Pulau Unggeh oleh masyarakat setempat dapat dijadikan pilihan tempat wisata laut yang menarik.

Pantai Sorake

Sorake adalah sebuah pantai yang terletak di Kecamatan Teluk Dalam, Kabupaten Nias Selatan, Sumatera Utara.

 Pantai Sorake terkenal dengan ombaknya yang besar sehingga sangat cocok bagi Anda melakukan kegiatan berselancar. Setiap tahunnya banyak para wisatawan terutama wisatawan mancanegara yang mengunjungi pantai ini. Di pantai Sorake juga sering mengadakan kompetisi selancar baik tingkat nasional maupun internasional. Nias Open adalah salah satu kejuaraan berselancar yang di selenggarakan di tempat ini

Pantai Tureloto

Pantai ini terletak di Desa Balefadorotuho, Kecamatan Lahewa, Kabupaten Nias Utara.

Keindahannya terletak pada batu karang raksasa yang berbentuk bundar di bibir pantai. Wisatawan kerap mendokumentasikan diri di batu karang tersebut. Batunya keras dan tidak tajam, persis seperti batu raksasa yang berserakan di pinggir pantai, jika dipandang dari jauh. Batuan karang yang terhampar itu memiliki bentuk unik, ada yang menyerupai bentuk otak manusia sehingga beberapa masyarakat sekitar menyebutnya dengan Batu Otak.

Pantai ini berjarak sekitar 60 km dari pusat kota Gunung Sitoli atau 80 km dari Bandara Bhinaka

Pantai Lubuk

Pantai Lubuk adalah mempunyai kondisi alam yang berbeda dari pantai lainnya yang ada di Kabupaten Karimun yaitu terdapat batu-batu besar dan banyak dijumpai hutan mangrove di sekitarnya. Pantai Lubuk terletak di wilayah Kecamatan Kundur. Untuk dapat mencapai pantai ini dibutuhkan waktu sekitar 30 menit dari kota Tanjung Batu dengan menggunakan motor atau mobil. Namun dapat juga ditempuh dari Tanjung Balai dengan menggunakan speed boat atau ferry dengan cara mencarter, dengan waktu tempuh sekitar 60 menit.

Pantai Lagundri

Pantai Lagundri menjadi magnet bagi para peselancar dengan panorama keindahan laut yang memang sangat menarik dan juga ombak yang cukup besar dan ombak yang sangat baik bagi para peselancar kelas dunia. Pantai Lagundri juga sempat dijadikan tempat lomba surf tingkat dunia karena alasan ombak yang berada di Pantai Lagundri ini tidak kalah dengan yang berada di Hawai. Pantai dengan ombak tenang pun menarik perhatian wisatawan dengan hamparan pasir putih yang landai, air laut hijau tosca semakin menambah kesan eksotik saat berada di pinggir pantai lagundri.

Pantai Perjuangan/ Pantai Jono

Pantai Perjuangan atau yang lebih dikenal dengan Pantai Jono, terletak di Desa Lalang, berbatasan dengan Desa Kuala Tanjung, Kabupaten Batubara, Sumatera Utara. Pantai ini berjarak 100 KM dari Kota Medan. Pantai Jono terkenal dengan keindahan pasir putihnya yang membentang luas di pesisir pantai. Pesona Pantai akan terasa lebih indah jika dilihat pada sore dan senja hari. Pada siang hari ombak di pantai ini sangat memberikan ketenangan jiwa.

Pantai Gawu soyo

Pantai Gawu Soyo adalah satu-satunya pantai berwarna pink di pulau Sumatera. Pantai Gawu Soyo sebenarnya memiliki legenda tersendiri, alkisah dulu kala terjadi pertumpahan darah di pantai ini jadinya pasir-pasir berwarna merah ya karena itu. desa ini lokasinya ada di desa Ombolata yang masuk kedalam wilayah administratif kabupaten Nias Utara kecamatan Afulu.Pantai ini boleh disebut the hidden paradise karena belum banyak orang yang ke Gawu Soyo.

Penulis: Harry P


Please Select Embedded Mode To Show The Comment System.*

Lebih baru Lebih lama