5 Tingkah Laku Yang Kudu Dihindari Saat Naik Bus Malam




Pergi ke suatu tempat wisata  itu banyak caranya. Umumnya dibagi tiga cara, yaitu naik darat, udara dan laut. Darat bisa naik mobil, motor pribadi atau angkutan umum semisal bus dan kereta api. Udara naik pesawat dan laut, pasti naik kapal laut. Nah, bicara soal naik angkutan umum yakni bus, khusus nya bus malam ada beberapa tingkah yang jangan kamu lakukan waktu menumpanginya. Apa sajakah itu, berikut ulasannya

1. Jangan Menang Sendiri

Bus malam yang ada saat ini formasi tempat duduknya 2 dan 2, dua di kiri dan dua di kanan. Bagi yang pernah naik bus malam pasti paham, naik bus bukan seperti naik mobil pribadi, bisa seenaknya bertingkah. Disini kamu akan duduk bareng orang lain yang tidak dikenal, gak tahu gimana dan siapa. Jagalah sikap baik-baik. Ada selimut dan bantal pakailah yang disediakan. Kursi di bus bisa dimundurkan ke belakang. Jangan terlalu dimundurkan kasihan yang duduk di belakang.

2. BAB (Buang Air Besar)

Bisa dibilang ini salah satu hal yang haram hukumnya waktu naik bis malam. Bis AKAP biasanya disediakan toilet di belakang. Ukuran toilet super mini pun dengan lubang WCnya yang kecil. Fungsinya hanya untuk buang air kecil, cuci muka atau tangan. Jongkok dijamin susah apalagi BAB. Jangan pernah BAB di toilet bus malam. Tahan sedikit dan jaga makan, saat kebelat jangan buang waktu tidak melakukannya saat bus berhenti.

3. Rebutan Saklar HP

Zaman canggih sekarang ini, kebutuhan akan informasi semakin gila. Hampir semua orang punya handphone. Di bus malam, sakelar buat ngecharge HP itu biasanya ada di depan tempatnya supir bus dan diatas bagasi kita duduk. Posisi nya bisa di tengah atau paling depan. Jumlah sakelarnya nggak sebanyak penumpang, paling hanya 3 atau 4 colokan saja. Jadi gunakanlah secara bergilir.

4. Merokok dan Muntah Sembarang

Nggak bisa dibayangkan jika ada salah satu penumpang niat merokok di tengah-tengah bus. Pasti itu orang bakal diturunin dari bus. Yup, di bus malam itu dilarang sangat untuk merokok karena asapnya bisa kemana-mana dan menganggu penumpang lainnya. Pun dengan muntah, muntah lah di tempat yang ditentukan semisal kantong plastik atau sewaktu bus sedang berhenti. Bagi yang suka mabok, sediakan obat anti-mabok yang banyak dijual dimana-mana. Minum lah sebelum menaiki bus.

5.Ngomong Keras-keras

Berbicara jelas hak segala manusia, tak terkecuali saat naik bus malam. Tapi yang nama bicara terkadang harus kenal waktu dan tempat. Ada baiknya sih suara entah waktu kita bicara dengan penumpang se-tempat duduk atau waktu menelpon diatur jangan terlalu kencang. Ya, kita mungkin kita sih fine-fine saja tapi bagaimana dengan orang lain. Mungkin dalam batinnya dia menggerutu.

Please Select Embedded Mode To Show The Comment System.*

Lebih baru Lebih lama