Indonesia Urutan Keempat Wisatawan Pengguna Smartphone






Indonesia menduduki urutan keempat sebagai negara dengan wisatawan paling banyak menggunakan  smartphone untuk mengorganisir perjalanan. Hal tersebut seperti dirilis dalam penelitian TripBarometer Connected Traveler yang dilaksanakan atas nama TripAdvisor oleh badan penelitian mandiri Ipsos dan melaporkan lebih dari 44.000 respon global dari wisatawan dan sektor perhotelan.

Dalam laporan penelitian tersebut diurutkan Indonesia dan Brazil memiliki jumlah wisatawan pengguna smartphone (connected traveler) terbanyak ketiga dan keempat dengan 59% dari negara-negara  yang disurvei TripBarometer, urutan pertama di tempati China dan kedua Thailand sebanyak 65%.

Wisatawan pengguna smartphone asal Thailand dan China memimpin tren, dengan 65% wisatawan Thailand dan responden Tiongkok diidentifikasikan sebagai Connected Traveler. Dan Indonesia (serta Brazil) memiliki jumlah connected traveler terbanyak kedua dengan 59% dari negara-negara  yang disurvei TripBarometer.

Thailand – 65%
China – 65%
Brazil – 59%
Indonesia – 59%
Malaysia- 53%
Spain – 52%
Italy – 49%
U.S. – 48%
India – 47%
Australia – 47%

Dalam penjelasan TripAdvisor, Connected Traveler adalah mereka yang pernah menggunakan ponsel cerdas untuk membuat perencanaan perjalanan atau melakukan pemesanan dan memberikan informasi mendalam mengenai kebiasaan dan perilaku mereka.

 Seperti diketahui saat ini dan waktu akan datang diperkirakan penggunaan smartphone  terus meningkat di seluruh bagian perjalanan wisatawan. 45% dari Connected Travelers biasanya menggunakan smartphone atau ponsel cerdas mereka untuk melakukan pemesanan perjalanan, hampir ¾ dari Connected Traveler (72%) menggunakan ponsel cerdas mereka untuk mencari restoran saat berlibur dan 1/3 dari Connected Traveler (34%) menginginkan akomodasi mereka menawarkan check-in mobile.

Aplikasi mobile nyatanya semakin populer sebagai channel pemesanan. Jumlah orang yang menggunakan aplikasi mobile untuk memesan akomodasi meningkat dua kali lipat dari tahun ke tahun. Tahun 2014, 4% responden TripAdvisor memesan akomodasi mereka menggunakan channel aplikasi mobile – jumlah ini meningkat hingga 8% tahun ini. Dan untuk segmen Connected Traveler ada peningkatan sebesar 11%.

 Connected Traveler lebih mungkin membawa ponsel cerdas mereka selama liburan untuk mengorganisir perjalanan mereka dengan lebih efisien (44%) dan memesan akomodasi dalam perjalanan (37%). Mereka juga lebih mungkin dibandingkan wisatawan biasa untuk menggunakan ponsel cerdas mereka untuk melakukan penelitian perjalanan saat berada di tujuan liburan: 72% dari Connected Traveler menggunakan perangkat mobile mereka untuk mencari restoran, 67% untuk menemukan aktivitas yang bisa dilakukan dan 64% menggunakannya untuk membaca review.

Mereka yang melakukan pemesanan melalui aplikasi mobile adalah pengguna tetap, dengan satu dari empat (24%) mengatakan bahwa mereka biasanya melakukan pemesanan dengan cara ini. Satu dari lima Connected Traveler berkata mereka melakukan pemesanan melalui aplikasi mobile karena lebih mudah atau cepat diakses, dan 29% merasa mereka dapat harga yang lebih baik.

 TripAdvisor sendiri merupakan salah satu situs perjalanan terbesar di dunia saat ini yang beroperasi di 45 negara di dunia. Situsnya ditunjang dengan dukungan komunitas perjalanan terbesar di dunia dengan lebih dari 340 juta pengunjung unik bulanan dan lebih dari 225 juta review dan opini yang mencakup lebih dari 4,9 juta akomodasi, restoran dan tujuan wisata. TripAdvisor juga menyajikan ulasan dan pilihan perjalanan yang beragam dan memungkinkan wisatawan merencanakan dan mendapatkan perjalanannya.

 Methodologi penelitian TripBarometer oleh TripAdvisor dilakukan berdasarkan survei online dari tanggal 16 Januari – 2 Februari 2015 yang dilaksanakan oleh Ipsos, firma penelitian dunia. 44.277 interview dilakukan di 32 pasar dalam 7 wilayah. Sampel terdiri dari 34.016 konsumen yang merupakan pengguna situs TripAdvisor dan panelis online Ipsos yang memilih untuk ambil bagian dalam survei dan telah melakukan penelitian rencana perjalanan online tahun lalu, dan 10.261 representatif dari akomodasi properti yang menggunakan layanan marketing gratis, menjadikannya survei akomodasi dan wisatawan terbesar di dunia. Data survei konsumer diukur untuk merepresentasikan profil yang dikenal dalam populasi online, untuk menjaganya sejalan dengan gelombang sebelumnya dari TripBarometer. Penghitungan yang sama juga diaplikasikan di tingkat negara untuk survei bisnis.

Please Select Embedded Mode To Show The Comment System.*

Lebih baru Lebih lama