Rute Maskapai dan Bandara Paling Turbulence di Dunia Terungkap!


Wisataohhwisata  Peringkat terbaru rute maskapai dan bandara paling Turbulence di seluruh dunia telah dirilis oleh Turbli, firma peramalan turbulensi terkemuka.

Berdasarkan analisis data dari National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA) dan UK Met Office, rute antara Santiago, Chili, dan Santa Cruz, Bolivia, yang melintasi Pegunungan Andes, kembali dinobatkan sebagai penerbangan paling Turbulence untuk kedua kalinya berturut-turut.

Pola umum menunjukkan bahwa rute yang melintasi pegunungan dan bandara yang terletak di dekat perairan lebih rentan mengalami turbulensi. Turbli memantau pola turbulensi setiap hari pada pukul 1 pagi dan 1 siang, dengan rata-rata tingkat turbulensi pada ketinggian jelajah standar sepanjang tahun.

Bhutan menduduki puncak daftar negara dengan turbulensi terkuat, diikuti oleh Guinea-Bissau dan Senegal. Uni Emirat Arab berada di peringkat 32, Australia di peringkat 64, dan Amerika Serikat di peringkat 68. Untuk daftar lengkap negara, klik di sini.

Sementara itu, Samudra Atlantik Utara dan Pasifik Utara memiliki peringkat turbulensi tertinggi di kategori 'di atas lautan'.

Tingkat turbulensi diukur menggunakan eddy dissipation rate (EDR) atau intensitas turbulensi, terlepas dari ukuran pesawat. Perlu dicatat bahwa pesawat yang lebih kecil mengalami turbulensi yang berbeda dengan jet jumbo, di mana pesawat yang lebih kecil akan merasakan dampak yang lebih parah pada tingkat turbulensi yang lebih rendah.

Berikut adalah rincian tingkat turbulensi:

Ringan: 0-20 EDR

Sedang: 20-40 EDR

Parah: 40-80 EDR

Ekstrim: 80-100 EDR

Turbli menganalisis data turbulensi dari 150.000 rute udara yang paling sering dilalui. Hasilnya menunjukkan bahwa tingkat turbulensi rata-rata tahunan secara keseluruhan diklasifikasikan sebagai turbulensi "ringan".

Berikut adalah 10 bandara teratas secara global untuk Turbulensi

1Santiago, Chili17.137 EDR
2Natori, Jepang16.657 EDR
3Wellington, Selandia Baru16.318 EDR
4Sapporo, Jepang16.305 EDR
5Osaka, Jepang16.12 EDR
6Bishkek, Kirgistan15.993 EDR
7Tokoname, Jepang15.885 EDR
8Lanzhou, Tiongkok15.8 EDR
9Tokyo, Jepang15.545 EDR
10Christchurch, Selandia Baru15.482 EDR

Please Select Embedded Mode To Show The Comment System.*

Lebih baru Lebih lama