Tahun Baru 2024: 9 Tips Mengontrol Kadar Gula Darah saat Merayakan Tahun Baru

Dok. Jonathan Petersson


Wisataohhwisata.com - Rayakan Tahun Baru tanpa rasa bersalah. Berikut adalah tip ahli untuk membantu Anda mengelola kadar gula darah saat merayakan tahun baru.

Saat kita menyambut Tahun Baru dengan meriah, berkumpul dengan orang-orang terdekat dan terkasih adalah kesempatan sempurna untuk menciptakan kenangan berharga dan menyebarkan kegembiraan perayaan. Keterikatan dalam menikmati makanan dan minuman yang enak adalah hal yang biasa di Tahun Baru dan wajar jika orang-orang meninggalkan rutinitas kebugaran mereka selama beberapa hari pada waktu tersebut. 

Namun, membuat pilihan yang selaras dengan kesejahteraan Anda di tengah godaan makanan yang memanjakan, dapat membantu menghindari masalah kesehatan. Penderita diabetes khususnya harus berhati-hati dalam hal porsi, jam kerja, konsumsi alkohol, dan olahraga harian. 

Tetap waspada adalah kunci untuk menyeimbangkan kadar gula darah selama perayaan. Menetapkan beberapa aturan dasar tidak hanya akan membantu mengendalikan lonjakan gula tersebut tetapi juga memastikan Anda menikmati perayaan Tahun Baru tanpa rasa bersalah. 

Memilih porsi yang lebih kecil, protein tanpa lemak, menghindari alkohol berlebih, tetap terhidrasi, cukup tidur dan olahraga pagi yang teratur dapat membantu menjaga kadar glukosa darah Anda tetap terkendali.

Dr Srinivas Kandula, Konsultan Endokrinologi, CARE Hospitals, Nampally, Hyderabad berbagi tips penting yang harus diikuti oleh penderita diabetes selama perayaan Tahun Baru.

1. Porsi kecil, pilih protein tanpa lemak

Selama perayaan Tahun Baru, penderita diabetes dapat menerapkan beberapa strategi untuk mengontrol kadar gula darahnya secara efektif. Pertama, pertimbangkan untuk memilih porsi lebih kecil untuk mengatur asupan karbohidrat. Pilih protein tanpa lemak, seperti ayam atau ikan panggang, dan konsumsi sayuran non-tepung untuk menciptakan hidangan yang seimbang dan bergizi.

2. Gandum utuh

Memperhatikan jenis karbohidrat yang dikonsumsi sangatlah penting. Pilihlah biji-bijian dan karbohidrat kompleks daripada gula rafinasi. Memantau ukuran porsi dapat membantu mencegah lonjakan gula darah. Selain itu, tetap terhidrasi sangat penting, karena membantu pencernaan dan berkontribusi pada rasa kenyang.

3. Berolahraga secara teratur

Memasukkan aktivitas fisik ke dalam perayaan juga dapat berkontribusi pada pengendalian gula darah yang lebih baik. Pertimbangkan untuk berjalan-jalan, menari, atau melakukan bentuk olahraga lain untuk mengimbangi efek jamuan makan hari raya.

4. Komunikasikan tentang kebutuhan diet

Komunikasi adalah kuncinya, terutama jika Anda memiliki kebutuhan diet tertentu. Saat menghadiri pertemuan, beri tahu tuan rumah tentang kebutuhan makanan Anda untuk memastikan tersedia pilihan yang sesuai. Dengan merencanakan ke depan dan membuat pilihan yang cermat, penderita diabetes dapat menikmati perayaan tersebut sambil menjaga kontrol gula darah yang baik.

Dr Bimal Chhajer, mantan konsultan di AIIMS & Direktur, SAAOL Heart Centre, New Delhi berbagi tips tambahan untuk mengelola kadar gula darah selama musim perayaan.

5. Tetap terhidrasi

Dianjurkan untuk minum banyak air karena dapat membantu ginjal membuang kelebihan gula.

6. Pola makan seimbang

Makanlah berbagai makanan yang mengandung lemak sehat, protein, dan karbohidrat untuk mencegah lonjakan gula darah secara tiba-tiba.

7. Pemantauan rutin

Berikan perhatian khusus pada kadar gula darah Anda dengan memantaunya secara rutin, terutama saat perayaan dan hari raya.

8. Olah raga teratur

Pertahankan gaya hidup aktif untuk membantu mengontrol gula darah. Setelah makan, pikirkan untuk berjalan-jalan.

9. Pengobatan tepat waktu

Ikuti jadwal resep Anda. Minumlah obat tepat waktu sesuai resep, hindari obat yang dijual bebas, dan beri tahu dokter Anda jika ada perubahan yang harus dilakukan untuk acara khusus.

Please Select Embedded Mode To Show The Comment System.*

Lebih baru Lebih lama