Rabu, 06 Mei 2015

Sail Tomini dan Festival Boalemo 2015, Promosi Potensi Kelautan Indonesia

Posted by Harry Prasetyo at 01.37

Pemerintah Indonesia akan menyelenggarakan Sail Tomini dan Festival Boalemo 2015, sebagai kegiatan bahari internasional yang bertujuan untuk mempromosikan potensi kelautan khususnya di kawasan Teluk Tomini di Sulawesi. Sekitar 35 Duta Besar dan perwakilan korps diplomatik negara sahabat serta organisasi internasional yang ada di Jakarta pada hari ini, Selasa (05/05) hadir dalam acara Launching Sail Tomini dan Festival Boalemo 2015 di Epicentrum Walk, Kuningan, Jakarta.

Puncak Festival Boalemo akan berlangsung di Kabupaten Boalemo, Provinsi Gorontalo, tanggal 10 September 2015. Sedangkan acara puncak Sail Tomini akan berlangsung di Kabupaten Parigi Moutong, Provinsi Sulawesi Tengah, pada tanggal 19 September 2015. Para Duta Besar negara sahabat direncanakan akan berpartisipasi dalam kegiatan Diplomatic Tour ke Boalemo dan Parigi Moutong untuk menghadiri acara puncak Sail Tomini dan Festival Boalemo 2015.

Acara dibuka secara resmi oleh Menteri Koordinator Bidang Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani, didampingi Menteri Kelautan dan Perikanan (Men.KP) Susi Pudjiastuti, Gubernur Sulawesi Tengah, Bapak Longki Djanggola dan Gubernur Gorontalo, Bapak Rusli Habibie. Acara ini juga dihadiri oleh beberapa Menteri Kabinet Kerja yakni Menteri Koordinator bidang Polhukam, Menteri PAN & RB, Menteri Koperasi dan UKM, Menteri Perindustrian, Menteri Kominfo, Menteri Ristek dan Dikti, Menteri Pemuda dan Olahraga, serta Kapolri.


Dalam sambutannya, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti menjelaskan kepada para Duta Besar negara sahabat tentang kebijakan Pemerintah RI di bidang penegakan hukum di laut untuk melindungi aktivitas penangkapan ikan para nelayan. Terkait Sail Tomini dan Festival Boalemo, Menteri Susi berharap kegiatan tersebut dapat memberi manfaat ekonomi bagi masyarakat pesisir dan pulau-pulau kecil di daerah sekitar Teluk Tomini seperti Sulawesi Tengah, Gorontalo dan Sulawesi Utara, serta menginspirasi pemerintah dan masyarakat lainnya untuk meningkatkan perekonomian daerahnya melalui bidang kelautan secara berkelanjutan.

Selanjutnya, Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani dalam sambutannya mengajak para Duta Besar negara sahabat agar para wisatawan dari negaranya masing-masing dapat berwisata ke daerah Teluk Tomini, serta mengundang para yachter (kapal layar) asing untuk berpartisipasi dalam acara puncak Sail Tomini di bulan September 2015.


Di hadapan sekitar 500 orang yang hadir, Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah dan Gorontalo memutar film promosi Updates from the Region untuk memperkenalkan kekayaan laut, ekonomi, pariwisata serta seni budaya yang ada di kawasan Teluk Tomini.

Sumber: http://www.kemlu.go.id 

0 comments:

 

Jejak Cerita Wisata Copyright © 2012 Design by Antonia Sundrani Vinte e poucos