Subscribe Us

Indonesia Raih Dua Awards pada International Tourism Film Festival Bulgaria


Dua Film pendek promosi pariwisata produksi Kementerian Pariwisata RI memenangkan awards pada International Tourism Film Festival (ITFF) of Bulgaria ke-11, “On the East Coast of Europe” di kota Veliko Turnovo tanggal 1-3 April 2015. Kedua awards tersebut diperoleh film Wonderful Indonesia: “History and Culture” untuk kategori History and Culture dan film Wonderful Indonesia: “Diving” untuk kategori sport and adventure. Awards diumumkan pada saat penutupan Festival tanggal 3 April 2015 malam di Cathedral Rozhdeshtvo Bogorodichno Hall kota Veliko Tornovo dan diserahkan oleh Ketua Tim Juri, Irina Naydenova, dan juri Antoni Ivanov Tsonev, kepada Dubes RI Bunyan Saptomo yang hadir di acara tersebut.

Pada kesempatan penyerahan awards tersebut, Dewan Juri mengatakan sangat terkesan dengan film History and Culture Indonesia yang menggambarkan keragaman budaya dan agama di Indonesia. Sedangkan Antoni Tsonev menyampaikan bahwa film “Diving” menunjukkan adventure ke keindahan bawah laut Indonesia dengan keanekaragaman biota-nya yang menjadikan Indonesia sebagai surga bagi pecinta olahraga diving.

Dubes RI  seperti dikutip dari kemlu.go.id dalam sambutan singkatnya ketika menerima awards tersebut menyampaikan terima kasih dan kebanggaan mewakili Indonesia untuk menerima awards tersebut. Disampaikan pula bahwa awards tersebut terutama ditujukan kepada tim dari Kementerian Pariwisata RI yang telah bekerja keras membuat kedua film tersebut.
 Festival yang berlangsung selama tiga hari ini diikuti oleh 90 film dari 23 negara yaitu Bulgaria, Serbia, Brazil, Portugal, Maroko, Thailand, Siprus, Macedonia, Swiss, Kroasia, India, Indonesia, Mesir, Yunani, Polandia, Peru, Kepulauan Faroe (dekat Denmark), Republik Ceko, Austria, Malta, Perancis, Finlandia, dan Jerman.

Pada Festival Film pariwisata ini dipertandingkan 5 (lima) Kategori Film yaitu Nature & Ecotourism, History and Culture, Sport and Adventure, Faith & Traditions, dan Corporate Tourism Film / Spot. Dari lima Kategori tersebut, hanya kategori Faith & Traditions yang tidak diikuti Indonesia. Prestasi Indonesia kali ini cukup membanggakan mengingat keempat film Kementerian Pariwisata yang diikutsertakan pada festival termasuk film dengan judul Feeling is Believing (kategori Corporate Tourism Film / Spot) dan Nature & Ecotourism (kategori Nature & Ecotourism), semuanya berhasil masuk dalam nominasi.

Untuk tahun ini film yang mendapatkan penghargaan terbaik di ITFF adalah dari Brazil, yaitu film “Ecoturismo” 2014. Menurut Dewan Juri, film ini selain sangat bagus dari segi kualitas, juga sangat menarik dari segi marketing. Selain Indonesia, film dari Asia yang berhasil meraih penghargaan pada festival ini adalah Thailand, yaitu film “Discover Thainess 2015”. Partisipasi Indonesia pada ITFF tahun ini adalah yang kedua. Pada tahun lalu Kementerian Pariwisata melalui KBRI Sofia mengikutsertakan satu film dan sempat masuk dalam daftar nominasi.


The International Tourism Film Festival (ITFF) of Bulgaria merupakan satu-satunya festival film bergengsi dengan tema pariwisata di Bulgaria. Festival yang diadakan setiap tahun di kota Veliko Tornovo kali ini diselenggarakan oleh Pemerintah Kota Veliko Tornovo bekerjasama dengan Kementerian Pariwisata Bulgaria serta perusahaan “Consulting & Communication Agency”, Asosiasi Tour Operators dan Travel Agents Bulgaria.

Posting Komentar

0 Komentar