E-Magazine Orang AS ini Soal Alam dan Budaya Indonesia


Eksotisme alam Indonesia tak dipungkiri begitu memikat. Contohnya saja pria yang bernama Anton Repponen ini. Lewat bidikan kamera lensanya, dia mendokumentasi alam dan kebudayaan Indonesia ketika berkunjung ke Indonesia selama sebulan dari Desember 2013 sampai Januari 2014 dalam sebuah E-Magazine.

Melalui readymag.com/repponen, Anton menampilkan keindahan alam dan budaya Indonesia mulai dari Jawa, Bali sampai Maluku. Di Bali, Anton memotret Pura Luhur Uluwatu yang berada  di tebing curam yang menjulang di selatan Bali.  Pura yang dibangun pada abad ke-11 ini merupakan salah satu dari sembilan candi yang dibuat untuk melindungi roh-roh jahat.

Tak hanya alam dan kebudayaan saja, Anton juga menyisipkan kuliner Indonesia, rujak. Disini Anton menuliskan, hidangan rujak yang seperti salad ini terdiri dari irisan buah-buahan tropis berbagai macam seperti apel air, nanas, mangga, ubi jalar dan  bumbunya berupa saus yang terbuat dari gula aren, kacang tanah tumis dan cabai merah lada.

Anton yang lahir di St. Petersburg (Rusia) dan bersekolah di Tallinn (Estonia) ini memang mempunyai hobi fotografi. Meskipun seorang design grafis yang berbasis di New York City, fotografi tetap menjadi salah satu gairah terbesarnya. Tersentuh kamera film pada saat usianya 14 tahun, sejak itu dia selalu membawa kamera kemanapun dia pergi.

Bagi Anton bepergian dan fotografi adalah cara untuk merasa bebas memutuskan sambungan dari kehidupan sehari-hari dan pengalaman mendapatkan sesuatu yang baru. “Saya memiliki dorongan untuk perjalanan dan melihat betapa berbedanya orang hidup di seluruh dunia, bagaimana mereka pergi bekerja, di mana mereka makan dan bagaimana berkomunikasi satu sama lain”kata. Ingin mengetahui lebih lanjut tentang Anton Repponen. Berikut ini petikan wawancara seperti dikutip designmodo.com


Anton, bagaimana Anda tentang Jepang dalam perjalanan terakhir Anda? dan apa hal-hal yang menarik yang Anda perhatikan ketika bepergian?
Ketika saya melakukan perjalanan, saya kebanyakan tertarik pada bagaimana orang hidup dan bagaimana lokasi dan budaya efek mereka yang bukan "top 5 tempat untuk melihat". Saya ingat pertama kali saya di Asia tahun lalu, saya mengunjungi Hong Kong. Aku benar-benar terpesona oleh kota. Pagi pertama saya bangun pukul 06:00 dan berjalan ke tempat di mana orang-orang turun dari kereta dan menggunakan lift yang pergi ke pusat kota untuk bekerja. 

Aku mendapatkan diriku secangkir kopi dan benar-benar duduk di sana selama 2 jam hanya menonton orang-orang bergegas untuk pekerjaan mereka, setelah sarapan di jalan, membawa anak-anak ke sekolah. Dan jelas gambar seperti itu akan benar-benar berbeda di lokasi yang berbeda. Jepang tidak terkecuali. Banyak hal yang sangat berbeda ada dalam cara orang hidup dan bekerja. Arsitektur, lalu lintas jalan, cara orang makan malam dan di mana, transportasi umum, etos kerja semua hal mempesona saya. 

Anda telah mengunjungi banyak negara yang menarik. Bisakah Anda memilih foto foto yang Anda anggap yang terbaik saat ini, dan menjelaskan di mana dan kapan Anda membawa mereka?
Pertama foto seorang gadis kecil diambil selama beberapa festival tradisional Jepang di pinggiran kota Tokyo. Ketika saya datang ke Jepang untuk waktu pertama beberapa tahun yang lalu saya murni menyampaikan pada saya Lonely Planet panduan dan berjalan di sekitar kota Tokyo. Teman saya  bertemu saya dan teman-teman di stasiun kereta api di suatu tempat di luar Tokyo dan membawa kami ke festival musim panas ini. Kota Tokyo sangat mengagumkan dan otentik, tapi saat Anda meninggalkannya dan pergi sedikit lebih jauh, di mana tidak ada wisatawan dan hanya orang-orang lokal memiliki perayaan mereka sendiri, suasana sangat istimewa dan unik.

Kedua diambil di Pulau Maui di Hawaii membentuk puncak Haleakala kawah gunung berapi. Saya pikir ini adalah tempat yang paling ajaib aku sudah sejauh ini. Sulit untuk menggambarkan betapa kuat dan besar itu bahkan melalui fotografi. Anda benar-benar merasa seperti Anda berada di sebuah planet yang sama sekali berbeda ketika ada. Teman saya yang tinggal di sana membawa saya puncak sangat awal di pagi hari untuk melihat matahari terbit dari bagian timur pulau dan saat itulah saya mengambil foto ini.

Yang berikutnya adalah dari Rio de Janeiro. Brasil adalah negara yang saya ingin mengunjungi sejak aku masih kecil. The "Two Brothers" gunung yang meningkatkan di sisi barat pantai Ipanema yang terukir dalam memori saya dari berbagai foto dan ilustrasi yang pernah kulihat dari RIo. Geografi Rio benar-benar menakjubkan; Saya tidak percaya seseorang akan pernah memutuskan untuk membangun sebuah kota saat ini di tempat yang begitu berbatu dengan seperti pemandangan yang beragam.

Please Select Embedded Mode To Show The Comment System.*

Lebih baru Lebih lama