Rabu, 30 Juli 2014

Tempat Wisata di Tegal

Posted by Harry Prasetyo at 22.11
foto: tegal-kota-bahari.blogspot.com
Sangat terjangkau dan strategis lokasi maupun letak dari kota yang dikenal sebagai kota bahari ini. Dari Jakarta anda tinggal menyusuri saja jalur Pantai Utara, Jawa, begitu pula apabila anda dari Semarang atau kota-kota lainnya.

Yup, itulah Tegal, salah satu kota di Provinsi Jawa Tengah Indonesia. Posisinya yang strategis dan didukung dengan infrastruktur yang memadai menjadikan kota Tegal sebagai kota transit. Hal ini berdampak pada hidupnya usaha di bidang jasa pariwisata ditambah   bertaburnya objek wisata disana. Tak ayal, kota Tegal harus menjadi kota yang layak anda kunjungi.

 Kota ini mempunyai objek wisata alam Pantai Alam Indah (PAI) yang  merupakan kawasan pantai yang sudah terfasilitasi dengan adanya kolam renang, museum oceanografi, lapangan seni budaya, arena permainan anak, lokasi perkemahan, hotel, restoran, dan toko souvenir.

Setelah ke pantai, anda ingin merasakan kesejukan, maka datanglah ke Guci Indah (Guci). Guci terletak di kaki Gunung Slamet bagian utara dengan ketinggian kurang lebih 1.050 meter dari kota Slawi sekitar 30 km atau dari kota Tegal berjarak tempuh sekitar 40 km ke arah selatan.  Guci adalah obyek wisata air panas alami yang tidak berbau belerang yang terletak di bagian selatan kabupaten Tegal.

Di Guci ini ada sekitar 10 air terjun,di bagian atas pemandian umum pancuran 13, sedikit jauh sekitar satu kilometer, terdapat air terjun dengan air dingin bernama Air Terjun Jedor. Udara sekitar sangat sejuk, anda bisa menghirupnya sambil jalan-jalan menikmati pemandangan pepohonan pinus yang tumbuh disana. Disana telah tersedia berbagai macam fasilitas seperti penginapan, wisata hutan (wana wisata), kolam renang air panas, lapangan tennis, lapangan sepak bola, dan bumi perkemahan

Di dalam kotanya sendiri ada tempat wisata yang harus anda kunjungi yaitu Taman Poci. Taman Poci adalah taman kecil yang terletak di depan Stasiun KA Tegal. Taman Poci ini telah dilengkapi dengan permainan anak-anak dan dihiasi lampu hias dan cocok untuk keluarga yang ingin "jagongan" karena banyak pedagang kaki lima yang menjajakan makanan khas Tegal

Selain itu ada juga Gerbang Mas Bahari Waterpark yang merupakan waterpark terbesar di Jawa Tengah. Gerbang Mas Bahari Waterpark ini berlokasi di dekat Terminal Kota Tegal. Bahari Waterpark dibangun di areal seluas kurang lebih 5 hektar. Bahari Water Park ini adalah salah satu dari 4 water park di Indonesia yang mempunyai kolam ombak setelah Jakarta, Solo dan Surabaya. Disana anda bisa mencoba beberapa wahana seperti kiddy pool, olimpic, kolam arus, lapangan futsal, dan masih banyak lagi.

Itu objek wisata, bagaimana dengan kulinernya? Di Tegal dikenal dengan tahu aci dan pilus. Makanan khas lain yaitu Soto Tegal (memakai tauge dan tauco dengan campuran daging ayam, sapi atau jeroan babat), Kupat Glabhed (ketupat dari beras yang diberi kuah kental dan dimakan bersama sate kerang/sate dari daging blengong(sejenis unggas/bebek)).

Minuman yang terkenal di Tegal yaitu teh poci khas Tegal (teh yang diseduh air panas di dalam wadah poci terbuat dari tanah liat dan untuk pemanisnya diberi gula batu.Untuk makan sehari-hari biasanya disebut Nasi Ponggol ( berisi lauk yang terdiri dari Tahu, Tempe, Ikan Asin Oreg Oreg Tempe Berupa Tempe yang diiris kecil kecil dibumbui dengan Tumis )

Wisata makanan antara lain: pondok makan jalan teri (pokanjari), lesehan di seputaran Jalan A. Yani (pada waktu malam hari), rumah makan masakan laut di kawasan PAI serta rumah makan kapal terapung "Lor ing Margi" dan yang lainnya. (berbagai sumber)`

0 comments:

 

Jejak Cerita Wisata Copyright © 2012 Design by Antonia Sundrani Vinte e poucos