Senin, 10 Juni 2013

Tiga Tugu Khastulistiwa ada di Tiga Tempat Ini

Posted by Harry Prasetyo at 02.32
Berbicara soal Garis Katulistiwa, garis ini hanya melintasi sedikit kontinen, dari sedikit kontinen  di Indonesia hanya di Pulau Batu dan Lingga di Sumatera, Pulau Kalimantan, Sulawesi, Kepulauan Halmahera dan Pulau Gebe di Papua.  Dari sedikit pulau tadi hanya beberapa yang menandai garis tersebut dengan sebuah landmark. Nah, Anda tahu Tugu Khatulistiwa sebagai landmarknya? Jika sudah tahu pastilah Anda akan menjawab tugu ini hanya ada berada di Pontianak. Anda tentu benar, namun tahukah Anda ternyata ada tiga Tugu Khatulistiwa di tiga wilayah di Indonesia. Di mana sajakah itu? 

Tugu Khatulistiwa Pontianak
Tugu Khatulistiwa di Pontianak ini menjadi salah satu ikon wisata Kota Pontianak dan selalu dikunjungi masyarakat, khususnya wisatawan yang datang ke Kota Pontianak. Equator Monument berada di Jalan Khatulistiwa, Pontianak Utara, Propinsi Kalimantan Barat. Lokasinya berada sekitar 3 km dari pusat Kota Pontianak, ke arah kota Mempawah. Sejarah mengenai pembangunan tugu ini dapat dibaca pada catatan yang terdapat di dalam gedung. 
Dalam catatan tersebut disebutkan bahwa, berdasarkan catatan yang diperoleh pada tahun 1941 dari V. en. W oleh Opzichter Wiese dikutip dari Bijdragen tot de geographie dari Chef Van den topographischen dienst in Nederlandsch- Indië : Den 31 sten Maart 1928 telah datang di Pontianak satu ekspedisi Internasional yang dipimpin oleh seorang ahli Geografi berkebangsaan Belanda untuk menentukan titik/tonggak garis equator di kota Pontianak.

Tugu Khatulistiwa Pasaman
Selain di Pontianak, Tugu Khatulistiwa juga ada di Kabupaten Pasaman di Sumatera Barat. Tugu Khatulistiwa di Pasaman memang tak terlalu besar. Namun Pemerintah Kabupaten Pasaman kini mulai mengangkat situs tersebut sebagai ikon pariwisata baru di Sumatera Barat. Kalau berkunjung ke tugu ini ada baiknya pada bulan Maret dan September karena saat itu terjadi titik kulminasi dimana semua benda tidak punya bayangan. Fenomena ini hanya terjadi dua kali dalam setahun yaitu di bulan Maret dan September.


Tugu Khatulistiwa Bontang
Tugu Khatulistiwa ini berada 25km dari Kota Bontang atau kurang lebih 30 menit perjalanan darat. Bila Anda dalam perjalanan darat dari Kota Bontang, jangan sampai melewatkan tempat ini. Waktu yang tepat berada di tugu ini adalah pagi hingga sore hari. Tugu ini dibangun atas Karya Bakti Latsitarda (Latihan Integrasi Taruna Wreda Nusantara) tahun 1993, diresmikan oleh Panglima ABRI Jendral TNI Feisal Tanjung. Sesudahnya tempat ini kurang mendapat perhatian, baik masyarakat ataupun pemerintah. Hingga pada tahun 2010 tempat ini direnovasi oleh dengan pendanaan pihak swasta (PT Kaltim Methanol Industri).

0 comments:

 

Jejak Cerita Wisata Copyright © 2012 Design by Antonia Sundrani Vinte e poucos