Rabu, 13 Maret 2013

Mari Singgahi 3 Restauran Jadul di Bandung

Posted by Harry Prasetyo at 00.13

Pada saat akhir pekan atau masa liburan, tak jarang warga ibukota berduyun-duyun datang ke kota kembang. Yup, tentu mereka datang dengan segudang rencana, mulai dari sekedar menghabiskan waktu bersama keluarga, berbelanja busana yang memang bandung adalah pusatnya fashion, atau berwisata kuliner.

Bagi Anda yang suka memanjakan lidah ada baiknya jika singgah ke tiga restauran di bawah ini. Apa pasal? Nah, ketiga restauran ini termasuk dalam restauran bersejarah lantaran umur berdirinya restauran itu mungkin lebih tua dari Anda. Sensasinya yang cukup terasa bukan? icip-icip sambil menikmati nuansa zaman dulu

1.Braga Permai
Di Restauran ini Anda dapat menikmati makanan yang dibuat dengan resep-resep peninggalan Belanda sambil menikmati suasana Bandung tempo dulu. Restauran ini  sudah berdiri sejak tahun 1918 dan berlokasi di hook sisi timur Simpang Bragaweg (Bahasa Belanda: Jalan Braga). Kemudian pada tahun 1923, restoran milik L. van Bogerijen ini pindah ke tengah-tengah Bragaweg, di lokasi Braga Permai saat ini. Dulunya bernama Maison Bogerijen seperti nama yang terpampang di atas bangunannnya. Dengan mengadopsi gaya arsitektural Eropa tradisional, bangunannya terbilang baru dan modern di masanya.
sumber foto:www.goindonesia.com 
Tak seperti restauran kebanyakan yang banyak berdiri pada saat itu, Braga Permai atau Maison Bogerijen merupakan salah satu restoran paling elite di Bandung. Bahkan, restauran ini pernah mendapatkan piagam penghargaan langsung dari Ratu Belanda dan merupakan satu-satunya restauran yang menyajikan hidangan istimewa khas kerajaan seperi Koningin Emma Tart dan Wilhelmina Taart.

Menu makanan Maison Bogerijen paling lengkap, mulai dari menu utama, es krim, panganan manis, serta aneka roti. Tak hanya itu, untuk menghasilkan makanan yang berkualitas restauran ini memggunakan oven khusus karena terhubung langsung dengan saluran distribusi gas kota.

Seiring perkembangan zaman, bangunan mengalami perombakan setelah terjadinya kebakaran. Pengelola mengubah total bangunan Maison Bogerijen menjadi lebih modern. Perombakan itu diikuti dengan  perubahan yang terjadi pada tahun 1960-an. Nama Maison Bogerijen berubah menjadi Braga Permai hingga hari ini.

Resep Tetap Sama
Walau tidak lagi bernama Maison Bogerijen, namun restauran ini sampai sekarang masih setia menyajikan aneka kuliner khas Eropa khususnya Belanda. Resepnya pun tidak banyak berubah dan masih tetap memakai resep yang di dapat semenjak restauran ini masih bernama Maison Bogerijen

Dalam daftar menunya terpajang berbagai aneka roti, kue, es krim, coklat, dan jelly yang menggugah selera dengan nama-nama yang masih menggunakan istilah dari bahasa Belanda. Seperti Kue bolu Ntbijtkoek, Gevulde Speculaas, Almond Speculaas dan Boter Staaf lansiran Braga Permai Untuk rotinya sendiri, Braga Permai ini memproduksi roti sendiri. Selain makanan manis, mereka juga menyajikan menu utama seperti steak, sate, dan swike. Tak lupa, Braga permai juga menyediakan Ice cream dengan 6 variant, pastriesnya dan kue-kue seperti Tompoesjes, Ananas Geap, Speculaas Almond, Ontbijkoek dan Booterstaf yang sangat cocok dihidangkan bersama Ice cream atau minum teh serta coklat homemade yang tetap dipertahankan keaslian rasanya hingga sekarang.

Kendati Baraga Permain ini menawarkan aneka hidangan western dan atmosfir yang nyaman tidak berarti mahal harganya, karena harga menu-menu makanan yang ditawarkan restauran ini bersahabat di kantong Anda

Lokasi
Restauran Braga Permai berada di Jalan Braga No. 58, Bandung.

2. Sumber Hidangan
Satu lagi selain Braga Permai, Jalan Braga di Bandung juga mempunyai tempat makan yang kental dengan nuansa zaman dulu. Nama tempatnya adalah Sumber hidangan yang sudah ada sejak tahun 1929 di Bandung, tahun yang sama dengan tahun yang tertera pada tanda pengenal di jendela luar toko, Sumber Hidangan d/h Het Snoephuis sejak 1929’. Sebelum manjadi Sumber Hidangan, tempat ini dulunya bernama Het Snoephuis yang menjual berbagai jenis kue-kue, roti dan lain-lainnya. Sampai sekarang pun walau telah berganti nama menjadi Sumber Hidangan, tempat makan ini masih menjual makanan serupa. Pun dengan resep-resep tradisionalnya yang masih dipertahankan.

Menu Bahasa Belanda dan Serba Jadul
Ada yang unik dalam daftar menu tempat makan ini yaitu sebagian besar menunya masih ditulis dalam bahasa Belanda seperti Kattetong, Eierkoekjes, Suiker Hagelslag, Janhagel, Kaastengel, Bokkepoot, Mocca Truffel, Chocolade Rotajes dan ananastaart dan Bokkepootjes.  Cukup membingungkan memang? Tapi jangan kuatir jika Anda penasaran dengan menu tersebut, ada baiknya jika memilih salah satu yang Anda sukai.

Sumber Hidangan menggunakan bahan alami dan tidak menggunakan bahan pengawet untuk kue-kuenya jadi tekstur kuenya menjadi lebih kasar, ditambah aroma wangi gula yang begitu terasa. Menu-menu lainnya yang juga menarik untuk dicoba antara lain Mocca Truffle, Frou Frou Choc, Lumpia, Kroket dan Steak. Selain itu, jangan lupa untuk mencicipi eskrim homemade Sumber Hidangan yang bisa menyejukkan rongga-rongga mulur Anda.

Tak hanya pada makanannya saja yang terasa jadul, coba Anda perhatian dengan seksama  tempat ini, semuanya serba kuno. Tampilan luar bangunannya masih mempertahankan gaya arsitektur Art Deco,   sedangkan di dalamnya terdapat barang-barang kuno seperti radio, etalase, toples dan mesin hitung tua masih terpajang di sana.

Begitu juga dengan beberapa potret yang menempel pada dinding lengkap dengan tahun pembuatannya seperti sebuah cerita perjalanan Sumber Hidangan sejak didirikannya.Tampilan ini tidak banyak berubah dari awal tempat ini berdiri.  Nah, bagaimana dengan harga makanannya? satu hal penting tentang tempat ini adalah harga yang tercantum dalam daftar menu makannya cukup terjangkau, baik itu roti, kue atau pun es krimnya.

Jadi, jika Anda ingin merasakan bagaimana sensasinya makan seperti di masa lalu, cobalah datang ke tempat yang konon katanya pernah didatangi oleh Ratu Belanda ini.

Lokasi
Sumber Hidangan berlokasi di Jalan Braga No. 20-22, Bandung.

3.Rasa Bakery & Café
Restauran ini sudah berdiri sejak tahun 1945 di Bandung.  Menempati sebuah bagunan tua berasitektur Eropa (art Deco) menu utama yang ditawarkan restauran ini adalah es krim dengan berbagai macam roti yang sebagian besarnya masih menggunakan resep asli dan dibuat tanpa bahan pengawet.

Dulu, sebelum menjadi Rasa Bakery & Cafe, tempat ini bernama Hazes shop & café yang populer pada tahun 1936 di kota Bandung yang dimiliki oleh pengusaha berkewarganegaraan Belanda. Kemudian beberapa puluh tahun kemudian, Hazes dibeli oleh Ny. Kamarga yang merupakan warga Negara Indonesia keturunan. Menyusul pada tahun 1968, Hazes pun berubah  nama menjadi Rasa dan sekaligus mengganti status menjadi Perseroan.

Walau telah berganti kepemilikan, namun tidak berganti tampilan arsitektural bangunannya karena beberapa bagian dari bangunan masih menggambarkan suasana lampau meskioun bangunan sudah dipugar. Misalnya, bentuk jendela yang besar, gorden, tirai yang menghiasi jendela maupun kanopi yang biasa terdapat pada rumah-rumah lama.

Es Krim Home Made  dan Aneka Snack
Nah, yang istimewa dari restauran ini adalah es krim home madenya. Terdapat banyak pilihan menu es krim yang terpajang dalam freezer es krim yang terletak di ujung restauran. Ada rasa chocolate, strawberry, tutti frutti, rum raisin, dan banyak lainnya, Anda bebas untuk memilihnya sendiri. Es krim rasa rum raisin paling banyak diminati karena rasa es krim ini begitu menyejukkan ronga-ronga mulut, lidah pun seakan-akan dibuat menari.  Ditambah lagi jika es krim ini didampingi oleh beberapa cemilan pilihan, benar-benar sempurna.

Untuk cemilannya, resturan ini mempunyai cemilan Kroket dan Bitterballe. Bitterballen adalah kroket kecil dengan diameternya 1 cm. Selain itu ada pula Kassoesjes Kue soes dengan ukuran diameter kurang lebih 2 cm yang diisi  dengan sedikit olesan krim keju berwarna putih. Tak ketinggalan, restauran ini juga menyediakan Merg pijp adalah kue yang dibungkus campuran terigu dan gula, sedangkan amandel adalah bolu gulung dengan kacang. Ada pula kue tar, seperti Black Forest dan Gateaux African.

Lokasi
Rasa Bakery & Café  berlokasi di Jl. Tamblong No.15 Bandung. (berbagai sumber)

0 comments:

 

Jejak Cerita Wisata Copyright © 2012 Design by Antonia Sundrani Vinte e poucos