Rabu, 21 November 2012

Pantai Sampur: Objek Wisata Favorit di Jakarta Tempo Dulu


Sampur? Mendengar namanya sepertinya cukup asing di telinga zaman sekarang. Namun coba Anda tanyakan kepada para orang tua yang umurnya kini sudah setengah abad lebih di Jakarta. Sampur bagi mereka merupakan nama sebuah objek wisata pantai di utara Jakarta. Dari mereka para orang tua jika pernah kesana mungkin akan banyak bercerita tentang bagaimana menghabiskan waktunya di pantai itu untuk bersenang-senang.
pantai sampur

Sampur ada sebelum berdirinya kawasan Ancol seperti sekarang, soal kapan persisnya  pemerintahan Belanda dulu menetapkan Pantai Sampur sebagai objek wisata masih belum diketahui dengan pasti. Namun  seorang arkeolog yang pernah mengabiskan masa kecilnya di Sampur mengisahkan pantai sampur sudah dijadikan sebagai pantai wisata pada abad ke-19 ketika sudah terbentuk kotapraja Batavia dan di sana banyak berdiri rumah bergaya Indies.

 Setelah dijadikan sebagai objek wisata pantai, Sampur menjadi objek wisata yang paling terkenal di Batavia dan jadi pilihan utama di teluk jakarta dan juga tempat melancong orang-orang Eropa. Pantai ini sangat disukai oleh noni-noni dan sinyo-sinyo untuk menghabiskan waktu. Tak ketinggalan masyarakat pribumi pun banyak berkunjung ke pantai ini kala sore hari  karena amat indahnya, di sampingnya Cilincing yang masih jadi kampung nelayan yang bersih. Dari Zandvoort bisa dilihat sunset yang membuat hati terasa damai.

Pantai Sampur memang lebih mirip dermaga. Pantai itu bukan pantai perpasir dan landai seperti Pantai Ancol. Penguasa Belanda memberinya nama Pantai Zandvoort yang terinpirasi dari nama pantai Zanvoort di Harlem, Belanda. Namun karena lidah pribumi tidak fasih melafalkan kata dari bahasa Belanda itu, terciptalah Zanpoort menjadi Sampur. 

Selepas Indonesia merdeka, pantai ini pun masih berfungsi dan ramai dikunjungi oleh mereka yang ingin bersenang-senang pada tahun 1950-an sampai 1970-an. Sampai akhirnya roda zaman menyentuhnya,   Pantai Sampur pun berubah menjadi area pendukung Pelabuhan Tanjung Priok. Sekitar tahun 1990, pantai itu  berubah fungsi menjadi tempat penimbunan kontainer, jadilah sekarang Pantai Sampur hanyalah tinggal kenangan. (berbagai sumber)

6 komentar:

  1. Berbagi Kisah, Informasi dan Foto

    Tentang Indahnya INDONESIA

    www.jelajah-nesia.blogspot.com

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  3. sorii komennya gak sengaja kehapussss heuheuheee

    BalasHapus
  4. ga masalah mas bro, ortu ku asli sono waktu kecilnya, dan sekarang hilang....ini blog papaku yang baca waktu itu...trus kasih tau ke aku..no problem keapus juga, ya tulis lagi..he he, makasih

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...