Kamis, 04 Oktober 2012

Eh! Ada Pantai namanya Pantai Wartawan

Posted by Harry Prasetyo at 21.11

Jika Pantai Sundak diambil dari nama Asu dan Landak, Pantai Batu Ular Jember diambil lantaran ada batu yang mirip ular di pantainya, lantas bagaimana dengan Pantai Wartawan?  unik juga namanya sampai kenapa pantai itu dinamakan sebagai Pantai Wartawan? bagaimana ceritanya pantai itu diberi nama sesuai dengan salah satu profesi yang identik dengan mereka para pewarta berita?

Seperti yang diketahui banyak nama pantai di Indonesia terinspirasi oleh cerita-cerita masyarakat yang berkembang di wilayah itu. Misalnya pantai yang disebutkan di atas, namun tak semuanya karena ada juga nama pantai yang diambil dari nama sebuah restoran, yaitu Pantai Indrayanti yang berada di  Yogyakarta.
sumber foto:www.menarasigerlampung.blogspot.com
Sumber Air Panas Pantai Wartawan
Nah, pantai yang berada di Desa Way Muli, Kec Rajabasa, Kabupaten Lampung Selatan ini kenapa bernama Pantai Wartawan memang berhubungan dengan mereka yang terbiasa mencari dan menulis berita atau wartawan. Pasalnya, kawasan pantai ini awalnya dikelola oleh sekumpulan warga lokal yang memang pekerjaannya adalah seorang wartawan, sehingga disepakatilah nama untuk pantai yang mereka kelola sebagai Pantai Wartawan.

Pantai ini bukan hanya sekedar pantai saja karena di sana terdapat sumber air panas di pinggiran pantainya. Yup, sumber air panas itu diduga berasal dari  Gunung Anak Rakata yang masih aktif. Titik-titik sumber air panas itu akan terlihat saat air laut sedang surut di pagi hari atau sore hari, jadi apabila airt laut sedang pasang sumber air panas itu tidak akan nampak dan tertutupi oleh permukaan air laut.

Namanya juga air panas pastilah membuat apa saja yang masuk ke dalamnya dapat dibuat mendidih. Panasnya mencapai 80 derajat celcius dan mempunyai banyak manfaat, anda ingin merebus telur, ikan, udang atau yang lainnya pun bisa sperti untuk membuat secangkir kopi karena sumber air panas ini rasanya tidak asin walaupun berada di pantai. 

Tak hanya itu konon katanya sumber air panas ini dapat mengobati berbagai macam panyakit, dari rematik, gatal-gatal atau yang lainnya. Tapi harus diingat jaga jarak aman diri anda dengan sumber air panas itu, salah-salah terpeleset masuk ke dalamnya, anda pun yang akan rugi.

Lokasi Pantai Wartawan
Pantai Wartawan ini berlokasi di Way Muli, sekitar 14 Km dari Kalianda dan 30 Km dari Simpang Gayam pada jalur Bakauheni, Bandar Lampung. Letaknya berada di arel asempit antara jalan lingkar Gunung Rajabasa, lereng gunung dan laut.  Nah jika Anda adalah seorang wartawan yang kebetulan sedang ada di Lampung, sepertinya tempat ini layak untuk dikunjungi mengingat nama profesi anda sama dengan nama pantai ini.

Berbicara soal pantai dengan sumber air panas di pinggiran pantainya, ternyata bukan hanya dapat ditemukan di Indonesia saja melainkan juga dapat ditemukan di negara lain, seperti di Selandia Baru. Di pesisir timur Semenanjung Coromandel, Selandia Baru ada sebuah pantai yang bernama Pantai Air panas, dimana didalam pasir pantainya itu dapat ditemukan sumber air panas. (berbagai sumber)

2 comments:

 

Jejak Cerita Wisata Copyright © 2012 Design by Antonia Sundrani Vinte e poucos