Kamis, 12 Juli 2012

Dari Taman sampai Museum, Kupu-kupu itu Berada

Posted by Harry Prasetyo at 00.14
Siapa yang tidak tahu kupu-kupu, dari anak kecil sampai orang dewasa pastilah tahu binatang terbang yang satu ini. Indah penampilannya ketika sayapnya terkepak, keanggunannya terkadang membuat mata kita ingin terus menatapnya tanpa henti, terlebih lagi apabila kupu-kupu itu dihiasi oleh banyak warana

           Nah, di dunia ini memiliki kurang lebih 20.000 species kupu-kupu dan Indonesia sendiri adalah negara kedua  yang mempunyai koleksi kupu-kupu terbanyak dengan sekitar 2500 jenis kupu-kupu setelah Brasil. Maka tak heranlah apabila di beberapa kota di negeri ini mempunyai museum atau taman yang isinya hanya kupu-kupu saja.

Sumber: www.museumindonesia.com
            Ingin bermain-main sekaligus menambah pengetahuan dengan berbagai jenis kupu-kupu , ada baiknya jika Anda singgah ke beberapa tempat di bawah ini. 

1. Museum Serangga dan Kupu-kupu
 Kupu-kupu dapat dijumpai di Museum Serangga dan Kupu-kupu di Taman Mini Indonesia Indah atau TMII di Jakarta. Memang tidak hanya koleksi kupu-kupu saja dapat kita jumpai melainkan juga ada koleksi serangganya. 

Namun, di Museum yang berdiri bertepatan  dengan ulang tahun TMII ke-18 yang jatuh pada tanggal 20 April 1993 ini, kita dapat melihat sekitar 250 spesies kupu-kupu yang dipamerkan dalam kotak kaca.

Ke-250 koleksi kupu-kupu ini dikategorisasikan menjadi dua macam, yaitu berdasarkan daerah asaln dan taksonominya. Dari daerah asalnya, mulai kupu-kupu dari  Pulau Alor (NTT), Bacan (Maluku Utara), Bali, Obi (Maluku Utara), Lombok (NTB), Mangole (Sulawesi Utara), Nias (Sumatera Utara), Seram (Maluku), Simeulue (Aceh), Siau (Sulawesi Utara), Sumba (NTT), sampai Timor (NTT) ada di sini. Dari taksonominya, ada Kupu Papilionid, Kupu Pierid, Kupu Nymphalid. Bangsa kupu masih memiliki suku Rionidae, Lycaenid, Hesperid.

2. Taman Kupu-Kupu Bandung
Objek wisata terbilang baru di kota kembang lantaran usinya masih beberapa tahun saja berdiri. Namun, taman ini bisa menjadi alternafif liburan Anda bersama keluarga untuk sekedar bersenang-senang dan melepas kepenatan sambil belajar melihat proses metamorfosis kupu-kupu dari larva sampai dewasa secara sempura.
sumber:www.tamankupukupucihanjuang.blogspot.com
Luas taman yang berada di Cihanjuang Km 3,3 No.58, Desa Cibaligo, Kecamatan Parongpong, Kabupaten Bandung Barat  ini mencapai 1,7 hektar yang di dalamnya dihuni oleh sekitar 300 kupu-kupu dari 35 jenis yang ditangkarkan dalam setiap harinya. Mereka beterbangan  dalam sebuah taman khusus seluas 1.800 meter persegi yang dipagari dengan jaring supaya kupu-kupu tersebut tak terbang sampai keluar dari taman ini.

Nah, bagi Anda yang  masuk ke taman yang tiketnya lumayan murah ini akan ditemani dengan pemandu yang akan memberikan penjelasan berbagai hal seputar kupu-kupu dan tamannya sendiri. ika ingin mendapatkan souvenir, disini juga ada toko aksesoris yang menjual berbagai pernak-pernik yang serba kupu-kupu. 

3. Museum Kupu-kupu Bantimurung
Kita tinggalkan tanah jawa dan menuju Sulawesi tepatnya Museum Kupu-kupu Bantimurung di Taman Wisata Alam Bantimurung, Maros. Di sini  Anda akan merasa seperti berada di kerajaan Kupu-kupu karena beragam koleksi yang mencapai 360 ekor kupu-kupu dengan 133 spesies kupu-kupu dapat Anda jumpai.

sumber foto:www.iftfishing.com
         Kupu-kupu spesies khas Maros, di antaranya yang termasuk dalam kelompok papilionidae yang hidup di kawasan Taman Wisata Alam Bantimurung dan jenis atacus atlas yang selama ini hidup di Desa Laiya, Kecamatan Cendrana, Maros.

        Selain menikmati kupu-kupu yang ada, Anda juga dapat membel;i buah tangan dari banyak penjual cendera mata yang menjual aneka macam hiasan kupu-kupu yag diawetkan. Mulai bentuk gantungan kunci, lukisan, bros, anting, sampai pigura yang berisi bermacam-macam kupu-kupu aneka warna dan jenis.

4.Taman Kupu-kupu Tabanan
Nah, yang ke empat kupu-kupu banyak kita jumpai juga di Taman Kupu-kupu yang berlokasi di Jl.Batukaru, Br.Sandan lebah, Wanasari, Tabanan, Bali tepatnya 6 Km ke arah utara dari pusat kota.

sumber foto: www.listiaji.wordpress.com
Dengan Taman dengan luas 1 Ha netting area (ruangan yang tertutup Jaring) 3700 M3. Di taman ini setiap hari dilepas ratusan ekor kupu-kupu yang beraneka warna dan salah satu diantaranya yang paling terkenal di dunia ialah kupu-kupu Sayap Burung Sorga (Omithoptera Paradisea),  Priamus dan berbagai jenis dari seluruh nusantara.

Seperti Museum di Bantimurung, taman Kupu-kupu ini juga memproduksi aneka kerajinan yang terbuat dari bermacam-macam serangga seperti  Framing Butterfly ( Bingkai isi Kupu-2) , Framing Beetle ( Bingkai isi kumbang), Gantungan kunci yang terbuat dari serangga, selipan pembatas buku, Paper Weight ( penindih kertas) terbuat dari fiber bening berisi kupu-kupu, lukisan dari sayap kupu-kupu.


5. Museum Kupu-kupu Rokan Hulu Riau
Museum ini merupakan pusat penangkaran kupu-kupu yang berada di objek wisata air panas bumi Hapanasan, Kecamatan Rambah. Di tempat ini Anda dapat melihat 150 species kupu-kupu yang ada di Rokan Hulu. Nah, selain bisa melihat kupu-kupu, Anda pun dapat menikmati hangatnya air di pemandina air panas tidak jauh dari sana.

0 comments:

 

Jejak Cerita Wisata Copyright © 2012 Design by Antonia Sundrani Vinte e poucos