Rabu, 18 Juli 2012

Belajar Ilmu Kesehatan di Museum Santet

Posted by Harry Prasetyo at 20.22
Museum ini jelas berbeda dengan Museum Ratusan Naskah seperti Museum Sri Baduga dan Museum Bengkulu.  Ya, melihat namanya saja sudah cukup membuat bulu kuduk merinding, museum santet sebutannya. Unik memang, jarang-jarang ada museum seperti ini di Indonesia. Santet seperti yang kita ketahui itu merupakan semacam istilah yang berkonotasi negatif. 

Misalkan ada seseorang yang terkena suatu penyakit yan tidak jelas apa penyakit yang menyebabkan, lantas dikatakan orang itu terkena santet atau guna-guna.Terlebih lagi apabila orang itu setelah dicek atau di rongent, eh didalamnya ada semacam benda yang tak jelas bagaimana benda itu bisa sampai di dalam tubuhnya. Pastilah orang itu terkena santet.
sumber: www.hifatlobrain.net
 Nah terkait dengan itu,  apa yang ada di Museum ini mungkin dapat memberikan Anda sedikit pencerahan apa itu santet sebenarnya. Pasalnya di Museum ini ada beberapa benda tradisional seperti boneka jelangkung, jengglot, hingga boneka Nini Towok, kemudian foto rontgen orang yang di badannya terdapat banyak jarum karena santet. 


Selain itu di museum ini juga biisa anda temui benda-benda seperti bambu bertuah atau ranting bambu yang bercabang untuk menolak segala penyakit yang ditemukan di Lamongan, alat pemotong tali pusat dari bambu yang berasal dari Papua, kayu santen dari Banyuwangi untuk menolak santet atau tenung, kumparan penangkal untuk menetralkan pengaruh gelombang elektromagnetik dari Surabaya, serta tumor yang berhasil diangkat melalui operasi tanpa luka dari Banyuwangi.



Museum yang berada di Jalan Indrapura, Surabaya, Jawa Timur atau sekitar satu kilometer arah utara Tugu Pahlawan ini sebenarnya adalah Museum Kesehatan Dr Adhyatma-Depkes RI. Namanya juga museum kesehatan jadi pastilah wajar jika mengoleksi sejumlah benda-benda kesehatan baik secara tradisional maupun modern.



Di Museum ini terdapat tiga ruangan yang berbeda. Dua ruangan pertama diberinama Museum Sejarah Dan Museum Kesehatan IPTEK  Sedangkan satu ruangan terpisah diberinama Museum Kesehatan Budaya Di ruangan inilah koleksi sejumlah benda-benda Magis dikumpulkan. Mulai dari keris, alat santet, alat Aborsi, hingga batu berkhasiat dan Jimat



Pengetahuan tentang santet sebenarnya cuma sebagian koleksi Museum Kesehatan ini. Banyak juga informasi tentang budaya, dan sejarah perkembangan dunia medis yang bisa dipelajari. Lengkap mulai dari praktik pengobatan dari daratan Eropa dan Mesir kuno, hingga teknologi-teknologi modern dunia medis dan proses daur ulang sejumlah peralatannya. Selain itu  museum ini juga memamerkan berbagai peralatan bedah yang digunakan pada zaman penjajahan dulu lengkap dengan pisau bedah mata.(berbagai sumber)


2 comments:

 

Jejak Cerita Wisata Copyright © 2012 Design by Antonia Sundrani Vinte e poucos