Subscribe Us

Air Terjun Tegan Kiri: Dari Suara Tangis sampai Keindahannya

Air Terjun ini bisa dibilang asik, pasalnya selain anda bisa menikmati pemandangan air terjun yang indah, nah kalau beruntung anda pun bisa mendengar suara tangis seorang gadis di tengah gemerincik air yang jatuh, hiiiiii???

       Mau tahu, datang saja ke Air Terjun Tegan Kiri yang berada di Dusun Rantau Pandan, Kecamatan Rantau Pandan, Kabupaten Bungo yang merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Jambi ini. Air terjun ini memiliki ceritanya sendiri selain keindahan alamnya. 

        Cerita yang beredar dari masyarakat setempat mengatakan di sekitaran Air Terjun Tegan Kiri  itu acapkali terdengar suara tangis dari seorang gadis. Tangis itu terndengar di saat turun hujan disertai panas. Kendati  mereka atau masyarakat itu sering mendengar suara gadis menangis, tetapi tidak pernah diganggu oleh apapun termasuk dari sumber suara tersebut.

Kenapa terdengar suara tangis?  Masyarakat setempat mengatakan dulunya di lokasi air terjun tersebut  pernah tumbuh bunga bangkai. Nah,  ada dua orang anak gadis meninggal saat memegang bunga bangkai, oleh karena itu makanya setelah kejadian itu di sekitaran air terjun sering terdengar suara gadis menanggis. 

Air Terjun Tegan Kiri  ini  kali pertama ditemukan oleh Orang Kubu (SAD) Mereka lantas memberitahukannya ke penduduk dusun. Keturunan dari mereka yang menemukan air terjun itu lah yang kini menjaganya. Mereka terdiri dua keluarga, yakni penjaga pintu masuk dan penjaga parkir.

air terjun tegan kiri
foto:www.bungokab.go.id
Nah, untuk bisa melihat keindahan Air Terjun Tegan Kiri, harus menempuh perjalanan darat dengan jarak kurang lebih 30 km dari ibu kota Kabupaten Bungo, Muara Bungo, Jambi. Anda bisa menggunakan sepeda motor maupun mobil karena infratruktur jalan menuju ke sana sudah meski tak begitu mulus. Aspal di badan jalan telah banyak yang terkelupas. Namun anda tidak akan kecewa setelah sampai di air terjun yang kini juga dijadikan sumber air yang masuk kerumah warga Rantua Pandan.

Air Terjun Tegan Kiri memiliki tinggi lebih kurang 10 meter, di pintu masuk objek wisata tersebut terlihat palang penutup dan terdapat penjaga tiket masuk. Anda harus membayar tiket Rp 10 ribu per orang. Lalu setelah sampai di dalam, kita juga akan diminta untuk membayar uang parkir kendaraan sebesar Rp 5.000. (berbagai sumber)

Posting Komentar

0 Komentar